Registrasi babak kualifikasi Student Athletics Championships (SAC) Indonesia untuk qualifiers Bali-Nusa Tenggara tahun 2022 telah berakhir. Sebanyak lebih dari 3700 peserta dari jenjang elementary school (SD/sederajat), junior high school (SMP/sederajat), dan senior high school (SMA/sederajat) di Bali dan Nusa Tenggara resmi berpartisipasi. 

SAC Indonesia akan melombakan beberapa nomor utama dalam cabang olahraga atletik. Untuk kategori sprint (lari jarak pendek) akan diikuti oleh 1566 peserta dari semua jenjang. Kategori relays (lari estafet) akan diikuti oleh 946 dari semua jenjang. Disusul oleh middle distance (lari jarak menengah) yang diikuti oleh 461 orang dari semua jenjang. 

Nomor Long jump (lompat jauh) telah mengantongi 182 orang pendaftar dari jenjang SMP dan SMA. Sementara 270 pelajar jenjang SMP dan SMA telah tercatat untuk shot put (tolak peluru). Pendaftar kid’s athletics juga tak sedikit. Kanga’s Escape mengantongi 92 peserta. Sedangkan Formula One telah mengumpulkan 240 pendaftar. 

Babak kualifikasi Bali-Nusa Tenggara akan digelar di GOR Turide. Mulai 30 September - 2 Oktober. Sebelum babak kualifikasi dimulai, SAC Indonesia telah mengadakan roadshow di beberapa sekolah. Yakni SMPN 2 Mataram dan SDN 2 Cakranegara. Roadshow SAC Indonesia 2022 juga memperkenalkan cabang olahraga atletik. 

Selain di Mataram, babak kualifikasi SAC Indonesia akan digelar di delapan wilayah lainnya. Yakni Papua (Mimika), Yogyakarta (Yogyakarta), Jawa Barat (Bandung), Sumatera Utara (Medan), DKI Jakarta-Banten (Jakarta), Kalimantan (Banjarmasin), Jawa Tengah (Semarang), dan Jawa Timur (Surabaya).

Ribuan peserta SAC Indonesia telah melakukan berbagai latihan tambahan untuk memperebutkan posisi terbaik. Pasalnya, juara masing-masing wilayah akan bersua di National Championships yang akan digelar di Jakarta. Apalagi, kampiun National Championships memiliki kesempatan untuk merasakan international training camp. (*)

  RELATED ARTICLES