Runiya Evona (tengah ) saat menerima penghargaan juara lari 1.000 meter di Papua Qualifiers

Runiya Evona sudah bersiap-siap membelikan hadiah untuk sang mama. Setelah memenangkan lomba 1.000 meter putri jenjang SMA. Dalam ajang Energen Champion Student Athletics Championship (SAC) Indonesia Papua Qualifiers, siswi SMKN 2 Mimika itu finis pertama dengan catatan waktu 4 menit 19 detik.

“Senang sekali bisa menang nomor 1.000 meter. Karena ini baru pertama kalinya terjun untuk kompetisi atletik. Sebelumnya memang pernah ikut lomba atletik. Tapi itu sudah lama sekali, dan waktu itu kalah. Sekarang bisa menang, jadi rasanya bangga sekali,” katanya.

Biasanya, menurut Runiya, kalau dia mendapat rezeki besar, Runiya akan traktir atau memberi hadiah untuk sang mama. "Saya yang bayar, mama tinggal pilih saja. Tapi kemenangan kali ini ada yang kurang. Perayaannya Papa sudah tiada,” imbuhnya.  

BACA JUGA: Siswa SLBN Mimika Tampil Percaya Diri di Energen Champion SAC Indonesia

Untuk dapat kemenangan itu, Runiya hanya butuh tiga hari latihan saja. Runiya memang suka olahraga. Sejak kecil ia senang melakukan aktivitas olahraga bersama sang ayah. Mulai dari lari, voli hingga futsal. Sehingga, ketika diberitahu oleh pihak sekolah bahwa ada kompetisi atletik, Runiya langsung mendaftarkan dirinya. 

“Bisa jadi pengalaman yang sangat berarti untuk ke depannya. Apalagi saya tidak mendalami atletik. Tidak menyangka juga akan menang. Saya kira kemarin waktu di tikungan pertama itu akan kalah. Tapi berhasil mendahului pesaing,” katanya. 

Kemenangan di nomor lari 1.000 meter putri mengantarkan Runiya ke babak National Championships

Runiya adalah salah satu perwakilan dari Papua Qualifiers yang akan berangkat ke Jakarta untuk mengikuti National Championship. Ia akan pergi ke Ibu Kota bersama runner-up Papua Qualifiers, Yosepa Itako. Dia juga tak sabar menanti SAC Indonesia berikutnya. 

“Karena di SAC Indonesia ini saya bisa mendapat banyak teman baru dari dunia olahraga. Saya juga belajar banyak hal bahwa kompetisi besar itu ternyata seperti ini. Pengalaman saya di kemenangan kemarin itu bisa menjadi bekal di ajang National Championship nanti,” katanya. 

BACA JUGA: Registrasi Energen Champion SAC Indonesia North Sumatra Qualifiers Dibuka!

Energen Champion SAC Indonesia merupakan kompetisi pelajar paling akbar di Tanah Air. Diselenggarakan oleh Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) dan DBL Indonesia. Acara ini dipersembahkan dan didukung penuh oleh Energen Champion. Minuman cokelat berenergi yang mengandung susu dan telur dari Mayora.

Selain Papua, Energen Champion SAC Indonesia juga digelar di Bali-Nusa Tenggara (Mataram), Papua (Mimika) Yogyakarta (Yogyakarta), Jawa Barat (Bandung), Sumatera Utara (Medan), Jakarta-Banten (Jakarta), Kalimantan Selatan (Banjarmasin), Jawa Tengah (Semarang), Jawa Timur (Surabaya). (*)

  RELATED ARTICLES