Nasywa Athaya, SMAN 1 Ciamis, saat melakukan percobaan tolakan pertamanya dalam Energen Champion SAC Indonesia - West Java Qualifiers

Nasywa Athaya sukses menjuarai tolak peluru putri dalam Energen Champion Student Athletics Championship (SAC) Indonesia - West Java Qualifiers, pada Sabtu (26/11). Siswi SMAN 1 Ciamis tersebut sukses menciptakan tolakan sejauh 7,76 meter. Dengan begini, Nasywa akan melaju ke babak National Championship.

“Seneng banget rasanya bisa juara walaupun sedikit kecewa, karena perolehan hari ini lebih pendek dari limit terakhir. Hari ini 7 meter, kemarin (di kompetisi sebelumnya) bisa 9 meter,” katanya. 

Sementara itu, di posisi kedua ada Diana Rizqiyati dari SMAN 1 Lembang. Yang berhasil membuat tolakan sejauh 7,22 meter. Ia mengaku punya pengalaman luar biasa ketika mengikuti Energen Champion SAC Indonesia. Meskipun ini bukan kompetisi pertamanya. 

BACA JUGA: Ketua KONI Bandung Takjub Terhadap Energen Champion SAC Indonesia

Nggak nyangka bisa juara. Sebenarnya aku mendalami lompat jauh. Tetapi karena kakiku terluka kena setrika, akhirnya ikut tolak peluru,” kata Diana. “Dulu waktu ikut O2SN juga trilomba, ada lari, lompat jauh dan tolak peluru. Jadi ilmu tolak pelurunya masih ada hehehe.”

Sedangkan, di posisi ketiga ada Salsa Irliana Dwi dari SMAN 1 Lembang. Yang sukses dalam tiga kali percobaan dengan prestasi terbaik 6,76 meter. 

BACA JUGA: 8 Finalis 80 Meter Sektor Putra dan Putri Siap Adu Kecepatan di Final

Energen Champion SAC Indonesia - West Java Qualifiers diikuti oleh 4.300 peserta dari 313 sekolah. Yang terdiri dari tiga kategori. Mulai SD, SMP dan SMA. Masing-masing kategori melombakan lima main event yang berbeda. Yakni sprint, middle distance, relays, shot put dan long jump.

Kompetisi ini menjaring anak-anak muda bertalenta dari sembilan Regional Qualifiers. Yakni Bali-Nusa Tenggara (Mataram), Papua (Mimika), Yogyakarta (Yogyakarta), Kalimantan (Banjarmasin), East Java (Surabaya), North Sumatera (Medan), DKI Jakarta-Banten (Jakarta), West Java (Bandung) dan Central Java (Semarang). 

Energen Champion SAC Indonesia merupakan kompetisi atletik paling akbar di Indonesia. Acara ini diadakan oleh Energen Champion, bekerja sama dengan Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) dan DBL Indonesia. Energen Champion adalah minuman cokelat berenergi yang mengandung susu dan telur dari Mayora. (*)

Hasil Tolak Peluru Putri SMA:
1. Nasywa Athaya (SMAN 1 Ciamis) - 7,76 meter
2. Diana Rizqiyati (SMAN 1 Lembang) - 7,22 meter
3. Salsa Irliana Dwi (SMAN 1 Lembang) - 6,76 meter

  RELATED ARTICLES