Founder dan CEO DBL Indonesia Azrul Ananda (kanan), saat memaparkan evaluasi Energen Champion SAC Indonesia 2022 pada Ketua PB PASI dan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan

MUSIM perdana kompetisi atletik pelajar terbesar di Tanah Air, Energen Champion SAC Indonesia 2022 mendapat apresiasi luar biasa dari berbagai pihak. Termasuk Presiden RI Joko Widodo, yang hadir bersama enam menteri sekaligus pada babak puncak National Championship di Stadion Madya, Senayan, Jakarta awal Januari lalu. 

Energen Champion SAC Indonesia di musim perdananya bisa dibilang sukses menjaring pelajar bertalenta dari sembilan Regional Qualifiers. Yakni Bali Nusa Tenggara (Mataram), Papua (Mimika), Yogyakarta (Yogyakarta), Kalimantan (Banjarmasin), East Java (Surabaya), North Sumatera (Medan), DKI Jakarta Banten (Jakarta), West Java (Bandung) dan Central Java (Semarang). Sejak akhir September hingga pertengahan Desember. 

Kompetisi atletik pelajar itu merupakan hasil kolaborasi PB PASI dan DBL Indonesia. Didukung penuh oleh Energen Champion, minuman cokelat berenergi mengandung susu dan telur dari PT Mayora. Total Energen Champion SAC Indonesia diikuti 31.215 pelajar. Mereka mewakili 2.301 sekolah. Melibatkan juga 8.558 ofisial. Yang tak kalah seru, selama perhelatan kompetisi, tercatat hadir 72.778 penonton.

Presiden RI Joko Widodo, bersama dengan Founder dan CEO DBL Indonesia Azrul Ananda (kanan) dan Ketua PB PASI dan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan saat menghadiri Energen Champion SAC National Championship di Stadion Madya Jakarta, pada 13 Januari 2023

Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) yang juga menjabat Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengapresiasi seluruh pihak yang terlibat atas suksesnya musim pertama Energen Champion SAC Indonesia 2022 ini. Ia mengucapkan terima kasih pada DBL Indonesia selaku penyelenggara.

Luhut juga senang kolaborasi itu bisa disukseskan pula oleh seluruh jajaran pengurus PASI di daerah. Juga tak kalah penting, Luhut mengucapkan terima kasih atas dukungan PT Mayora Indah TBK, sebagai partner utama, serta sponsor-sponsor pendukung lainnya.

"Kolaborasi semua ini membuat Energen Champion SAC Indonesia 2022 tak hanya mendapat antusias luar biasa pada musim perdana, tapi juga jauh melampaui target yang kami canangkan semula," ujar Luhut saat menerima pemaparan hasil evaluasi Energen Champion SAC Indonesia 2022 dari DBL Indonesia.

Paparan dari DBL Indonesia itu secara khusus disampaikan oleh founder sekaligus CEO DBL Indonesia Azrul Ananda di kantor Kemenkomarves, Kamis (2/2). Ikut hadir juga Johan Muliawan, Direktur PT Mayora Indah Tbk.

Babak penyisihan nomor lari 1.000 meter putri dalam Energen Champion SAC National Championship

"Dari capaian luar biasa pada musim perdana Energen Champion SAC Indonesia ini, kami semua jadi makin antusias menggulirkan musim berikutnya (2023) agar lebih masif lagi. Dari jumlah pelajar yang terlibat, termasuk opsi penambahan kota regional qualifiers lainnya. Detailnya masih kami godok dalam waktu dekat ini," sambung Luhut.

Dalam pertemuan itu, juga disampaikan hasil-hasil lomba. Tentu juga dengan pencatatan rekor. Serta, detail program internasional training camp yang akan dilangsungkan di Perth, Australia, mulai 1 hingga 9 Maret 2023. Training camp itu diikuti 16 pelajar berstatus Champion SAC dari semua nomor lomba pada Energen Champion SAC Indonesia 2022 National Championship.

"Perth kami pilih karena memiliki fasilitas sports science yang telah diakui sebagai salah satu terbaik di dunia. Bersamaan dengan itu, pada minggu pertama Maret juga ada kejuaraan bergengsi atletik tingkat pelajar di sana, namanya Western Australia State Championship. Anak-anak mendapat invitasi untuk berpartisipasi pada ajang bergengsi ini," papar Azrul Ananda. (*)

  RELATED ARTICLES