Para Champion SAC National Championship Saat Berkunjung ke WAIS

Juara Energen Champion SAC National Championship 2022 telah menuntaskan Australia Tour mereka. Sebanyak 16 pelajar yang memegang gelar Champion bertolak ke Perth, Western Australia untuk mengikuti training camp di sports science ternama. Juga berpartisipasi dalam invitasi Athletics West Track and Field State Championship. 

Ingin tahu keseruan apa saja yang para Champion SAC rasakan? Berikut adalah tujuh momen epik dari Australia Tour.

1. Tiga Champion SAC Raih Podium dalam Invitasi Athletics West

Dalam Agenda Australia Tour, para juara Energen Champion SAC National Championship 2022 mengikuti invitasi Athletics West Track and Field State Championships. Yang digelar di WA Athletics Stadium, Perth, Western Australia. Masing-masing Champion SAC mengikuti dua kategori: sesuai usia dan open competition

Dalam invitasi Athletics West tersebut, Bayanillah (SMAN 7 Cirebon) berhasil raih podium dan menyabet medali perunggu untuk tolak peluru. Ia bahkan bersaing dengan atlet junior paling top level dari Australia. Sementara itu, Syalsabila Aprilianti (SMAN 3 Tegal) berhasil menyabet medali perak di nomor tolak peluru putri. Hebatnya lagi, Syalsabila meraih posisi ini dengan berat bola tolak peluru 5 kilogram. 

Tak hanya Bayanillah dan Syalsabila, Yogi (SMAN 1 Surade) juga membawa pulang satu medali perunggu di nomor 100 meter putra. Tentunya, ini merupakan momen paling membanggakan bagi para Champion SAC yang menjalani agenda Australia Tour.

2. Kunjungi Konsulat Jenderal RI di Australia 

Para juara Energen Champion SAC National Championship berkesempatan untuk mengunjungi Konsulat Jenderal RI di Perth, Australia. Di sana mereka juga belajar bagaimana perwakilan pemerintah RI di negara lain. Champion SAC juga mendapatkan dukungan dari Konsul Jenderal RI, Listia Operananta.

3. Berkunjung ke Western Australia Institute of Sports

Juara Energen Champion SAC National Championship memiliki kesempatan berkunjung ke Western Australia Institute of Sports (WAIS). Tempat berlatih dan menimba ilmu para atlet Western Australia. Banyak atlet nasional Australia yang merupakan alumni dari sekolah ini. WAIS juga punya fasilitas lengkap. Mulai dari ruangan adaptasi, kolam renang recovery, hingga sistem pengukur kecepatan. 

WAIS bukan hanya pusat latihan untuk atletik. Melainkan juga basket, menyelam, bersepeda hingga berenang. Tentunya para Champion SAC berkesempatan mencoba beberapa fasilitas tersebut. Mereka berharap, Indonesia juga memiliki fasilitas serupa untuk mendukung keberhasilan atlet Indonesia dalam berkompetisi.

4. Berlatih dengan Mantan Atlet Nasional Australia

Juara Energen Champion SAC National Championship punya kesempatan luar biasa. Mereka melakukan latihan bersama mantan atlet nasional Australia, yakni Lyn Foreman. Mereka juga melakukan coaching clinic bersama Grant Ward. Salah satu pelatih atletik paling berpengaruh di Australia. 

Saat itu, Lyn memberikan materi soal nomor lintasan. Pasalnya, ia merupakan mantan atlet lari gawang nasional Australia. Lyn sendiri sering mengikuti kompetisi tingkat dunia. Salah satunya adalah bersaing di IAAF World Championship 1980. Sementara, Grant Ward lebih fokus ke nomor lapangan. Khususnya tolak peluru. Ward adalah seorang manajer athletics performance di Western Australian Institute of Sport. 

Lyn mengajarkan soal dasar-dasar latihan atletik. Terutama soal teknik berlari, kecepatan dan penggunaan start block. Ward juga memberikan pendalaman teknik di nomor tolak peluru. Ward juga menilai langsung cara menolak peluru dari Champion SAC Indonesia.

5. Tukar Jersey Bareng Atlet Junior Australia

Para juara Energen Champion SAC National Championship memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan para atlet junior Australia. Tentunya mereka memakai kesempatan ini untuk belajar soal teknik dan bertukar jersey sebagai kenang-kenangan. Salah satunya adalah Bayanillah yang melakukan tukar jersey dengan rivalnya, Dan Nguyen.

6. Tukar Kado di Malam Terakhir Australia Tour

Para juara Energen Champion SAC National Championship juga memanfaatkan malam terakhir Australia Tour dengan bertukar hadiah. Ini merupakan salah satu cara terbaik bagi Champion SAC untuk memberikan kenang-kenangan. Terlebih lagi mereka tinggal di beberapa kota berbeda.

7. Para Champion SAC Tandatangani Masing-masing Jersey

Juara Energen Champion SAC National Championship menandatangani jersey masing-masing anggota. Hal ini dilakukan untuk mengenang bahwa mereka adalah generasi pertama dari gelaran Energen Champion SAC Indonesia. (*)

  RELATED ARTICLES