IBL

NBA musim 2021 memang telah usai. Gelar juara akhirnya diraih Milwaukee Bucks. Di tiap musim penyelenggaraan NBA, selalu ada saja hal menarik yang bisa dipelajari. Termasuk bagaimana musim ini Milwaukee sukses menjadi kota yang terkenal di seluruh dunia karena Milwaukee Bucks menjadi juara NBA, kali pertama dalam 50 tahun.

Seperti dikatakan Azrul Ananda dalam tulisan di blognya (Juara Membangun Bukan Membeli), Milwaukee merupakan kota "tanggung" di tengah daratan Amerika. Mereka harus berjuang keras untuk menemukan identitasnya. Menemukan masa depannya, supaya warganya tetap bisa berkembang. Tidak pergi ke kota lain yang lebih menjanjikan. Dan, kota yang berpenduduk 1,5 juta orang itu kini jadi terkenal di seluruh dunia setelah Milwaukee Bucks menjadi juara NBA.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno melihat penyelenggaran NBA sebagai sesuatu yang istimewa dan layak dipelajari. Pelaksanaan NBA, menurut Sandi, sangat kreatif dan bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat luas tentang hubungan olahraga dan pariwisata yang tidak dapat dipisahkan.

Sandi pun lewat kanal YouTubenya, Sandiuno TV mencoba mengulas hal ini dengan beberapa orang-orang yang selama ini cukup intens menggeluti basket. Baik sebagai pemain, pengamat, maupun penyelenggara kompetisi basket. Diskusi yang disiarkan langsung di kanal Sandiuno TV itu menghadirkan Helmy Yahya yang berpengalaman sebagai komentator NBA sekaligus penyelenggara event sekelas SEA Games.

Selain Helmy Yahya, Sandi juga menghadirkan Azrul Ananda. Azrul selama ini sukses menjadi penyelenggara liga basket pelajar DBL. Liga basket itu konsisten berjalan selama 17 tahun, dan kini telah hadir di 30 kota di Indonesia. Hadir pula sebagai pembicara Thomas Teddy, mantan pebasket nasional yang kini menjadi jurnalis NBA di Amerika Serikat. Diskusi itu disiarkan langsung Rabu (28/7) pukul 20.15-21.00 WIB.(gun)

Komentar