ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

University of Kansas jadi salah satu universitas unggulan di Amerika Serikat. Tidak hanya bidang akademik yang menjadi fokus utama bagi universitas yang terletak di Kota Lawrence itu, bidang olahraga juga merupakan hal penting bagi mereka untuk dikembangkan. Terutama olahraga bola basket.

Terbukti, tim basket Kansas Jayhawks berhasil menjadi juara nasional NCAA 2022 lalu. Hal itu juga didukung oleh fasilitas-fasilitas keren nan canggih yang ada di sana. CEO sekaligus Founder DBL Indonesia, Azrul Ananda, baru-baru ini melakukan tur ke University of Kansas.

Teknologi canggih di lapangan basketnya sangat memukau. Ada apa saja sih di dalam sana? Yuk intip teknologi canggih dan modern di University of Kansas!

Sensor Elektromagnetik (Shot Tracker)

Di langit-langit lapangan basket University of Kansas ternyata terdapat teknologi sensor elektromagnetik. Terpasang berjarak setiap 5 meter, teknologi itu dapat merekam pergerakan para pemain.

Untuk merekam pergerakan mereka, pemain harus memakai baju khusus yang terdapat chip dan terhubung pada sensor elektromagnetik. Jadi, langkah dan gerakan mereka bisa terukur dan dinilai. Hal itu juga dapat memudahkan pelatih untuk mengoreksi gerakan pemain yang salah, juga untuk meningkatkan performa mereka ke depannya.

Ball-Charging

Tahu nggak sih, kalau bola basket di University of Kansas ternyata juga mempunyai sensor elektromagnetik dan bisa di-charge? Keren kan! Bola basket ini dipasang sensor elektromagnetik untuk mengukur kekuatan tembakan atau kontrol bola tiap pemainnya.

Untuk menggunakan teknologi ini, bola basket juga mempunyai port charging untuk mengisi daya bola tersebut. Pelatih bisa menilai kekuatan tembakan dari pemain menggunakan data yang dihasilkan dari sensor elektromagnetik yang terdapat dalam bola basket tersebut. Selain itu, posisi tangan, beban yang dikeluarkan pemain, dan akurasi tembakan pemain juga dapat dinilai.

Athletic Physiotherapy

University of Kansas juga mempunyai ruangan khusus untuk menangani masalah cidera dan penguatan fisik tiap pemain. Tidak hanya pemain basket saja, melainkan juga pemain dari olahraga atletik lain dapat menggunakan fasilitas ini. Kecuali atlet sepak bola yang mempunyai fasilitas terpisah.

Ruangan ini dilengkapi alat fisioterapi canggih untuk membantu pemulihan pemain. Selain itu, para pemain juga bisa mendapatkan program khusus untuk menguatkan fisik mereka dari teknologi yang ada di ruangan athletic physiotherapy.

Masih banyak teknologi canggih lainnya yang terdapat di University of Kansas. Saksikan tur lengkap University of Kansas “Bola Canggih dan Penemu Olahraga Basket di Kandang Kansas Jayhawks, Juara NCAA 2022 – DBL Play Vlog” hanya di Youtube DBL Play! (*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY