IBL

NBA memberikan penghormatan tertinggi mereka untuk legenda mereka yang baru saja wafat, Bill Russell. Melalui rilis resmi, NBA mengumumkan bahwa mulai musim 2022—2023, nomor punggung yang digunakan Bill selama bermain, nomor punggung enam, akan dipensiunkan dari seluruh tim peserta. Bill adalah pemain pertama dalam sejarah NBA yang mendapatkan penghormatan ini.

"Kesuksesan hidup Bill di lapangan dan di luar lapangan membela hak-hak sipil selayaknya mendapatkan penghargaan yang unik dan satu-satunya dari kami," buka Adam Silver, Komisaris NBA dalan rilis resmi.

"Mempensiunkan nomor punggung enam untuk seluruh tim selamanya menandakan bahwa Bill akan juga akan terus dikenang sepanjang perjalanan liga ini. Penghormatan ini kami lakukan hanya untuk Bill yang memang memiliki hidup yang luar biasa. Kami bangga untuk melanjutkan semangat hidup dan warisan yang ia tinggalkan," tutupnya. 

Tak berhenti di situ, NBA juga akan menyiapkan logo khusus yang akan digunakan seluruh pemain NBA di bagian pundak kanan jersei mereka sepanjang musim depan. Di lapangan, NBA juga akan memasang gambar daun semanggi (lambang Celtics) beserta nomor enam di setiap pinggir lapangan, dekat meja ofisial. 

Khusus untuk Celtics, satu-satunya tim yang dibela dan dilatih oleh Bill semasa hidupnya, akan ada penghormatan khusus. Penghormatan itu akan berbentuk atau bertempat di jersei Celtics. Pengumuman mengenai ini akan menyusul kemudian hari. 

Di lain sisi, laporan menarik muncul dari The Athletic. Dikabarkan bahwa NBA tidak akan serta-merta menghilangkan nomor enam musim depan. Pemain yang pada musim 2021—2022 menggunakan nomor enam, diperbolehkan untuk terus menggunakan nomor ini. 

NBA sendiri belum memberikan konfirmasi atas hal ini. Pun demikian dengan The Athletic, belum ada kejelasan apakah pemain-pemain ini boleh terus menggunakan nomor enam sampai mereka pensiun atau hanya musim depan saja. 

Dalam data yang dilansir oleh Basketball Reference, total ada 25 pemain yang musim lalu menggunakan nomor punggung enam. Termasuk di dalamnya adalah LeBron James, Lou Williams, Lance Stephenson, Kristaps Porzingis, dan Alex Caruso. Pun demikian, dari 25 nama yang ada, hanya 13 yang statusnya sekarang sudah memiliki tim untuk musim depan. (DRMK)

Foto: NBA, Basketball Reference 

 

Komentar