Opening Honda DBL with Kopi Good Day 2025 East Java-North berlangsung meriah, Kamis, 28 Agustus 2025. Terdapat empat gim seru dan ribuan suporter yang memadati DBL Arena Surabaya, hari ini.
Musim ini, DBL Surabaya diikuti oleh 134 tim basket sekolah. Itu terdiri dari 84 tim putra dan 50 tim putri. Mereka berasal dari Surabaya, Gresik, Sidoarjo, Mojokerto (kabupaten dan kota), Jombang, hingga Tuban. Tim-tim tersebut akan bersaing mulai 28 Agustus-31 Oktober 2025, semua pertandingannya digelar di DBL Arena.
DBL Surabaya kerap menjadi rujukan untuk penyelenggaraan DBL di kota lainnya di Indonesia. Setiap juara yang lahir dari sini selalu menarik perhatian di level nasional, karena DBL Surabaya menyimpan begitu banyak keistimewaan.
Dari kiri Samuel Adidharma (CMO Jackson Shoes) Rudy Harianto (Brand Manager Hotin Cream), Radityo Egytiandono (Brand Manager Ultra Milk), Dendy Sean (Marketing Director MPM Honda), Azrul Ananda (Founder & CEO DBL Indonesia), Cayono Kesuma (Marketing Manager PT Santos Jaya Abadi), Marcella Vannesa (CMO Azarine), Christopher Oliver (Brand Team Men’s Biore), dan Fammelia Sebastian (Product Coordinator Posh)
Selain dari jumlah sekolah yang terus bertambah, DBL Surabaya selalu menjadi ajang uji coba pengembangan kompetisi ini. Termasuk dalam hal pengembangan sistem pertandingan agar peserta bisa mendapatkan kesempatan bermain lebih panjang.
“Apa yang berjalan bagus di Surabaya, kami coba terapkan di beberapa kota lain,” kata Masany Audri, saat menghadiri pembukaan DBL Seri Surabaya di DBL Arena, Kamis 28 Agustus 2025.
Selain soal regulasi kompetisi, Opening Party Honda DBL with Kopi Good Day 2025 East-Java North juga ada sesuatu yang baru. Pemanggilan roster di tim yang akan bermain didampingi oleh para guru.
Menurut Sany -sapaan akrab Masany Audri, dalam perjalanan seorang student athlete, keberhasilan mereka tidak hanya lahir dari kerja keras pribadi, tetapi juga dukungan dari berbagai pihak yang ada di sekelilingnya.
Jika tahun lalu apresiasi diberikan kepada orang tua yang selalu mendampingi dan menjadi fondasi karakter anak, maka musim ini giliran guru yang mendapat sorotan. Pada pembukaan Honda DBL with Kopi Good Day 2025 East Java-North, para guru diberi kehormatan untuk mendampingi pemain saat starting line up.
Momen ini menjadi simbol bahwa sekolah dan tenaga pendidik memiliki peran besar dalam membentuk perjalanan hidup para student athlete. Guru bukan hanya menjadi pengajar di kelas, tetapi juga mentor yang memahami keseimbangan antara akademik dan olahraga. Mereka adalah sosok yang konsisten memberikan dukungan, memastikan para siswa mampu menjalani peran ganda sebagai pelajar sekaligus atlet.
Moreno Indra Setiawan bersama guru PPKN SMAN 9 Surabaya Ndaru Kurniawan saat pemanggilan di Opening Party Honda DBL with Kopi Good Day 2025 East Java-North
Contoh nyata terlihat pada sekolah-sekolah yang konsisten melahirkan prestasi, seperti SMA St. Louise 1 Surabaya, di mana dukungan guru dan sekolah begitu terasa dalam menjaga performa tim. Dengan apresiasi yang diberikan ini, DBL ingin menegaskan bahwa setiap pencapaian student athlete adalah hasil kolaborasi banyak pihak, dan guru adalah bagian penting yang tidak boleh terlupakan.
"Dukungan kepala sekolah, guru, dan orang tua, kalau saya dengar ceritanya, selalu luar biasa," kata Sany.
Baca Juga: Opening Party DBL Bali 2025 Meriah, Dihadiri Jajaran Direksi Astra Honda Motor
Sany menambahkan, DBL Seri Surabaya makin komplet istimewanya karena sejak 2007 kompetisi ini tak pernah putus disponsori oleh Honda. Kerja sama DBL bersama Honda memang diawali pada 2007 oleh main dealer MPM Honda Jatim. Lalu kerjasama makin meluas ketika pada 2008 Astra Honda Motor menjadi sponsor utama di semua kota penyelenggaraan DBL.
“Saya rasa tidak banyak brand yang punya komitmen kuat dalam mendukung olahraga di Indonesia seperti halnya Honda ini,” kata perempuan yang di hari yang sama juga meraih penghargaan Industry Marketing Champion dari MarkPlus itu.
Baca Juga: Direktur DBL Masany Audri Menerima Penghargaan Industry Marketing Champion 2025
Sementara itu Marketing Director MPM Honda Dendy Sean mengatakan seiring perjalanannya, Honda DBL punya chemistry yang kuat. “Kami ini sekarang dengan DBL seperti sebuah satu bagian yang tidak bisa dipisahkan,” kata Dendy.
Dendy bercerita, sebelum bekerjasama dengan DBL, Honda sebenarnya ingin sekali menyasar pasar anak muda. Namun ketika itu Honda tidak tahu bagaimana caranya. “Setelah gabung DBL, kami bisa beneran dekat sama anak muda. Bahkan ini sangat ada pengaruhnya ke persepsi kalau motor anak muda ya Honda,” ujarnya.
Yang menarik, tahun ini kompetisi DBL punya partner baru, yakni brand kosmetik Azarine. Di balik kesuksesan Azarine menjadi brand kosmetik ternyata ada sosok Marcella Vanessa sebagai Chief Marketing Officer (CMO). Nah, ternyata Cella -panggilan akrabnya- dulunya merupakan peserta DBL.
Cella dulu merupakan bagian dari tim dance SMA St Louis 1 Surabaya. Ia mengaku bisa kembali ke DBL seperti mengulang masa-masa SMA-nya. “Saya kebetulan bagian dari tim dance-nya di St Louis 1. Nggak menyangka ya, dulu jadi peserta dance, sekarang bisa mendapatkan title dancenya, Azarine DBL Dance Competition,” kata Cella.
“Yang pastinya saya bangga. Buat saya, DBL itu menjadi salah satu momen bersejarah dalam hidup. Saya inget-inget terus sampai saat ini. Jadi saya pengen semua temen-temen yang join DBL tahun ini, ingetnya DBL dan Azarine,” ujarnya. Ia berharap juga DBL terus bisa membesar dan semakin mewujudkan mimpi-mimpi anak muda Indonesia.
Baca Juga: Azarine Resmi Jadi Title Partner DBL Dance Competition 2025-2026
Honda DBL with Kopi Good Day 2025 East Java-North mengusung format kompetisi dengan tiga fase: Round 1, Round 2, dan Playoff. Delapan tim basket sekolah terbaik musim lalu (kategori putra dan putri) langsung menunggu di Round 2. Hal inilah yang membuat pertandingan DBL Surabaya semakin seru dan panjang! Sebab setiap tim akhirnya punya peluang yang sama untuk melaju ke fase berikutnya.
Total ada 76 tim putra dan 42 tim putri yang memulai perjalanan di Round 1. Format yang diberlakukan pada Round 1 adalah Round Robin. Sistem Round Robin merupakan format pertandingan yang bakal mempertemukan seluruh tim untuk mencari pemuncak klasmen.
Nantinya pemuncak klasemen dari 19 grup di sektor putra dan 14 grup pada kategori putri melangkah ke Round 2. Mereka bakal ditemani 5 peringkat kedua terbaik sektor putra dan 2 peringkat terbaik sektor putri. Total akan ada 24 tim putra dan 16 tim putri yang bakal melangkah dari Round 1 ke Round 2.
Nah tim yang berhasil lolos ke Round 2 sudah ditunggu oleh delapan tim terbaik musim lalu. Nantinya mereka bakal dibagi ke delapan grup. Di grup itu mereka saling bertemu sebanyak satu kali. Pemuncak klasemen bakal melaju ke babak Playoff.
Di fase Playoff, peserta akan menjalani sistem double elimination. Artinya, setiap tim punya dua nyawa ketika memulai fase genting ini. Dengan begitu tiap tim punya kesempatan bermain lebih banyak. Andai jika mereka kalah di laga pertama Playoff, tim tersebut masih punya satu nyawa untuk membuktikan diri di laga berikutnya. Selain itu keuntungan lain bagi tim yang melesat ke Playoff adalah tahun depan mereka langsung melaju ke Round 2.
Kuota babak Playoff sendiri begitu terbatas. Hanya untuk delapan tim putra dan putri yang berhasil menjadi pemuncak klasmen pada setiap grup Round 2. Babak Playoff berlangsung mulai 15 sampai 24 Oktober mendatang.
Nah, DBL Surabaya juga menjadi medan perburuan gelar DBL East Java. Sebab nantinya para juara dari keempat wilayah (DBL Surabaya, DBL Jember, DBL Madiun, DBL Malang) bakal bersaing. Memperebutkan mahkota tanda penguasa Honda DBL with Kopi Good Day 2025 East Java.
Persaingan yang terjadi di DBL Surabaya sebenarnya bukan hanya terjadi pada tim basketnya. Juga bukan pula pada kreativitas tim dance-nya. Namun persaingan juga seringkali terjadi pada totalitas dan kreativitas suporter sekolahnya. Tak sedikit suporter sekolah selama ini mau bergotong-royong untuk membuat koreo-koreo raksasa.
Koreo-koreo itu ditampilkan untuk mengawal tim basket sekolahnya saat bertanding. Bahkan tak jarang satu sekolah bisa menampilkan banyak koreo, sesuai jumlah pertandingan yang dihadapi tim basket sekolahnya.
Honda DBL with Kopi Good Day 2025-2026 juga digelar di 31 kota dan 22 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.
Honda DBL with Kopi Good Day 2025-2026 juga menampilkan AZA 3X3 Competition 2025-2026. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2025-2026 disiarkan live di channel YouTube DBL Play. (*)