Fundamental merupakan hal yang penting dalam basket. Bahkan pemain profesionalpun tidak akan melupakan drill latihan fundamental agar kemampuannya makin meningkat.

Hal inilah yang kemarin dibahas di DBL Play Talks. Coach Erwin Triono, Head Coach DBL Academy dan Bagoes Prasetyo, kapten SMAN 2 Surabaya ini pun menceritakan betapa pentingnya skill fundamental.

Nah nggak cuma ngobrol aja, kemarin juga ada praktik langsung yang dipimpin oleh coach Erwin bersama 15 pemain Honda DBL 2019 lalu loh. Dalam kesempatan ini, coach Erwin membeberkan beberapa tips bagaimana caranya melakukan dribble dengan benar. Salah satunya crossover.

"Saat crossover sebisa mungkin tubuh serendah mungkin. Bukan membungkuk ya. Lalu, buat space kaki kanan dan kiri yang ideal. Tidak terlalu lebar dan tidak terlalu sempit," ujar coach Erwin.

Meski terlihat simpel, ternyata banyak peserta yang melakukan gerakan ini dengan kurang optimal loh. Umumnya jarak antar kaki kiri dan kanan mereka terlalu sempit. Sehingga menghambat gerakan crossover mereka.

Salah satunya seperti yang dirasakan oleh Fasha Putra dari SMAN 5 Bogor. Ia mendapatkan masukan dari coach Erwin untuk membuat space yang lebih lebar antara kaki kanan dan kirinya. Sehingga bisa membuat motion gerakan lebih optimal. Baik untuk mengontrol pantulan bola hingga gerakan tangan untuk meraih bolanya.

"Kelihatannya simpel sih, ternyata berdampak banget. Soalnya biasanya aku melakukannya ya seperti itu. Sekarang jadi bisa lebih optimal lagi buat latihan dribble di rumah," tuturnya. (*)

Populer

Biak Mendobrak (3): Jerih Payah Jualan di Pantai Demi Bisa Tampil di Jayapura
Mengenal Kopi Good Day, Produk Kopi Anak Muda yang Banyak Rasa
Drill Favorit Dominique Evelian Selama DBL Camp 2024
Pertama Kali Ikut DBL Camp, Efrael Yerusyalom Dapat Teman dari Berbagai Daerah
To The Future: Windi Adinda Oceanty Lanjut ke Teknologi Pangan Unpad!