ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Nina Yunita (kiri, hitam) saat dinobatkan menjadi Second Team Honda DBL with Kopi Good Day 2023 DKI Jakarta Series

Nina Yunita, pelatih tim putri SMAN 3 Jakarta, berhasil terpilih menjadi Second Team Honda DBL with Kopi Good Day 2023 DKI Jakarta Series. Nina dipastikan bakal bersaing bersama puluhan pelatih lainnya di Kopi Good Day DBL Camp 2024.

Namanya memang sudah tidak asing lagi di kalangan pebasket muda. Khususnya di antara pebasket putri. Nina adalah mantan pelatih tim basket putri Merah Putih yang pernah berpartisipasi di Srikandi Cup 2018-2019.

Kiprahnya sebagai pelatih dimulai sejak 2008. Saat itu, Nina yang merupakan mantan pemain basket tidak ingin melepas kesukaannya di basket begitu saja. Ia melanjutkan passionnya sebagai pelatih sekolah dasar, klub, hingga tim profesional.

Baca juga: Teladan Finis di Championship Series, Aqiila Sabina Tetap Bangga Jadi Pemain!

"Gue dari dulu emang udah cinta banget sama basket. Gue sadar emang passion gue selama ini di basket. Setelah pensiun jadi pemain, gue milih buat jadi pelatih," terang Nina.

Nina mulai menjadi pelatih di SMAN 3 Jakarta pada 2022. Saat itu, Nina memutuskan untuk melatih almamaternya ketika dirinya berhenti jadi pelatih tim Merah Putih pada 2019.

Cerita tentang DBL, Nina sebenarnya pernah merasakan euforia DBL Jakarta 2018. Saat itu, DBL Jakarta baru pertama kali dipecah menjadi empat region. Nina menonton final DBL Jakarta Championship Series di GOR Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta Selatan.

Pengalaman itu membuatnya terpukau lantaran ia tidak pernah menyangka bahwa basket level SMA jauh lebih meriah dari liga profesional. "Gue kaget banget. Kok, bisa ya, anak SMA seheboh ini. Posisi gue nonton waktu itu sampe ke pojok saking padatnya," cetusnya.

Baca juga: Berikut Daftar Pelatih Top Asal Australia di Kopi Good Day DBL Camp 2024

Sebagai salah satu pelatih basket putri di Indonesia, Nina juga menceritakan pengalamannya. Selama ia berkecimpung di dunia basket, Nina merasakan perkembangan yang signifikan untuk tim basket putri.

Sebelumnya, ia merasa bahwa tim basket putri minim apresiasi dan antusiasmenya. Hal itu juga yang menjadi penyebab mundurnya tim basket Merah Putih di Srikandi Cup 2018-2019 silam.

"Kalau sekarang, menurut gue sosial media berperan besar banget buat pemain basket putri. Semua orang bisa tahu kalau banyak pemain basket putri yang bagus. Apalagi, kita bisa bawa emas di SEA Games 2023. Itu perkembangan besar buat basket putri di Indonesia," tuturnya.

Nina juga berharap, dengan perkembangan basket putri Indonesia ini, ada stakeholder yang bersedia untuk menggelar liga basket putri di Indonesia. "Supaya semua atletnya bisa tetap bertanding dan punya kompetisi sendiri di dalam negeri," tukasnya.

Kopi Good Day DBL Camp 2024 berlangsung di GOR Soemantri Brodjonegoro, Jakarta pada 23 hingga 28 April 2024. 

Honda DBL with Kopi Good Day 2023-2024 digelar di 30 kota dan 22 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2023-2024 juga menampilkan Pond's Men 3X3 Competition. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2023-2024 disiarkan live di channel YouTube DBL Play.(*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY