ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Coach Andi Susanto dari SMAN 1 Langsa bersama dengan Muhammad Akmal Fauza dari SMA Fatih Bilingual School Aceh

Perjalanan coach Andi Susanto dan Mutia dari SMAN 1 Langsa dimulai di Kopi Good Day DBL Camp 2024. Keduanya tiba di Jakarta, pada Senin, 22 April 2024. Mereka ikut penerbangan pagi hari di hari yang sama. 

Berbeda dengan tim series daerah lain, Andi Susanto dan Mutia, yang sebenarnya ada di Honda DBL with Kopi Good Day 2023 Aceh Series, memilih penerbangan dari Medan. Pasalnya, Langsa lebih dekat dengan Kota Medan dibandingkan Banda Aceh, Ibukota Provinsi Aceh. 

Jarak dari Langsa ke Banda Aceh sekitar 400 Kilometer. Kalau ditempuh melalui perjalanan darat, butuh waktu sekitar 11 jam untuk sampai di Banda Aceh dari Langsa. Dan hanya butuh waktu sekitar 5 jam untuk sampai ke Medan. 

"Bareng dengan North Sumatera Series, yang berangkat dari Medan, karena lebih dekat dari Langsa. Jadi Sudah di jalan H-1, mulai perjalanan Minggu sore, jam 8 pagi tadi baru flight ke Jakarta, luar biasa perjalanan hari ini," kata coach Andi Susanto. 

Ini merupakan kali kedua Andi Susanto berpartisipasi dalam DBL Camp, pemusatan latihan basket terbesar di Indonesia yang diselenggarakan di DBL Indonesia. Sebelumnya, ia pernah ikut serta pada 2014. Sedangkan untuk Mutia, ini merupakan pengalaman DBL Camp pertama. 

Baca Juga: Cerita Lucu Campers Asal Makassar Kembali Berlanjut, Koper Fafan Gak Bisa Dibuka

Karena comeback setelah 8 tahun di DBL Camp, ada mimpi besar yang dibawa oleh coach Andi Susanto di pemusatan latihan tahun ini. Begitu pun, Andi Susanto juga mendorong Mutia untuk terus semangat dan menuntaskan perjuangannya di DBL Camp. 

"Tahun ini, ada misi besar di DBL Camp 2024, saya kan dari daerah ya, beda dengan di Surabaya, di Jakarta. Ketika ada pelatihan baru seputar basket mereka bisa langsung update, bisa langsung eksperimen, nah kalau teman-teman di daerah kan tidak bisa, maka dari itu saya ingin membawa ilmu-ilmu tersebut untuk diterapkan di Langsa," katanya. 

Coach Andi menceritakan banyak tantangan besar baginya dan Mutia untuk bisa membawa gelar sebagai campers tahun ini. Selama melakoni latihan di Aceh Series, Mutia dan tim mengandalkan fasilitas seadanya. Lapangan sekolah belum sudah direnovasi, namun rusak kembali. Gym pun menggunakan alat-alat seadanya. 

"Kalau ke AS, siapa sih yang nggak pengen ke AS, semua pasti pengen. Tapi mimpi saya adalah menimba Ilmu di sini. Sehingga kalau ada momen besar seperti ini, akan saya manfaatkan betul-betul," tutur Andi. 

Coach Andi Susanto menyebut, setibanya di Jakarta, ia langsung memberikan banyak wejangan kepada Mutia. 

Baca Juga: Kisah Perjalanan Campers DBL Manado: Tidur Seperti Ronda, Panik Ada Longsor

"Terkadang dia memang kecil hati, tapi kalau didorong wah semangatnya luar bisa, saya bilang ke dia, Mutia kita semua ini sama, bedanya, siapa yang bisa mengubah kesempatan ini menjadi peluang," kata coach Andi. 

Honda DBL with Kopi Good Day 2023-2024 digelar di 30 kota dan 22 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2023-2024 juga menampilkan Pond's Men 3X3 Competition. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2023-2024 disiarkan live di channel YouTube DBL Play. (*)

Kenal lebih dekat para campers Kopi Good Day DBL Camp 2024 dengan melihat halaman di bawah ini (pengguna Android bisa scroll halaman ini dengan lakukan double tap).

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY