ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Olahraga bola basket adalah salah satu jenis olahraga yang sangat populer di seluruh kalangan. Olahraga bola basket dapat dilakukan oleh semua orang dari segala usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Meskipun olahraga bola basket merupakan olahraga beregu, tetapi semua orang bisa mempelajari teknik dasar olahraga bola basket secara individu. Terlebih, olahraga bola basket ini juga mempunyai banyak manfaat untuk seseorang.

Baca juga: 5 Cara Mengatur Napas Agar Tidak Cepat Lelah dan Ngos-ngosan

Manfaat-manfaat Bermain Bola Basket

Olahraga bola basket memerlukan fokus, koordinasi tubuh, dan ketahanan otot seseorang. Untuk melakukan olahraga bola basket, seseorang dituntut untuk menggunakan seluruh fungsi tubuhnya dengan baik.

Dengan begitu, olahraga bola basket dapat memberikan manfaat bagi kesehatan dan ketahanan tubuh seseorang.

Baca juga: 7 Manfaat Lari Jarak Pendek atau Lari Sprint dan Tips Melakukannya

Berikut adalah manfaat olahraga bola basket yang bisa didapatkan seseorang ketika melakukannya:

1. Meningkatkan Koordinasi dan Kestabilan Tubuh

Olahraga bola basket memerlukan koordinasi tubuh yang baik ketika melakukannya. Seseorang harus bisa menggunakan tangan, kaki, dan mata secara bersamaan ketika melakukan olahraga basket. Saat bermain basket, seseorang perlu menggerakan tubuh dengan cepat dan tepat saat melompat, berputar, dan mengubah arah.

Untuk itu, olahraga bola basket dapat meningkatkan koordinasi dan kestabilan tubuh jika dilakukan secara rutin. Terlebih, olahraga bola basket juga bermanfaat untuk meningkatkan motorik seseorang dalam menembak, mengoper, dan melantunkan (dribble) bola.

2. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Olahraga bola basket menuntut seseorang untuk lebih banyak bergerak. Seseorang yang aktif menggunakan tubuhnya akan memiliki kepadatan mineral tulang yang lebih banyak. Dibanding dengan seseorang yang jarang bergerak.

Jika olahraga bola basket ini rutin dilakukan, maka akan membantu kesehatan tulang seseorang.

3. Menambah Tinggi Badan

Bermain bola basket tidak hanya baik untuk kesehatan tulang, tetapi juga dapat membantu meningkatkan tinggi badan. Dengan tingginya posisi ring basket yang mencapai sekitar tiga meter dari tanah, kamu akan sering melompat untuk mencetak gol.

Melalui proses melompat ini, tubuhmu akan terlatih untuk bertambah tinggi dengan cepat. Selain itu, gerakan yang lincah dalam permainan ini juga akan menguatkan otot-otot kaki, yang dapat merangsang pertumbuhan tulang terutama pada anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan.

4. Menurunkan Berat Badan

Diperlukan tubuh yang aktif dan prima ketika berolahraga bola basket. Pasalnya, seseorang harus pandai mencetak angka dari posisi manapun, dan kondisi apapun. Rutinitas saat latihan bola basket ini sendiri dapat bermanfaat bagi penurunan berat badan seseorang.

Baca juga: 5 Macam Passing dalam Bola Basket yang Wajib Kamu Ketahui!

Olahraga bola basket sendiri dapat membakar kalori yang besar bagi seseorang. Apalagi jika olahraga ini dilakukan secara berkala dengan peningkatan intensitas. Maka, akan didapat berat badan ideal untuk seseorang setelah rutin berolahrga bola basket.

5. Mengembangkan Keterampilan Komunikasi

Olahraga bola basket adalah olahraga beregu. Setidaknya ada 3-5 orang dalam sebuah tim. Maka, dibutuhkan komunikasi yang baik dalam tim untuk membawa tim menuju kemenangan.

Ketika melakukan olahraga bola basket, pemain harus berkomunikasi dengan baik ketika dalam keadaan bertahan atau menyerang. Tidak hanya itu, komunikasi yang baik juga berguna untuk mengoper bola ke pemain lain.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Seperti diketahui, olahraga bola basket mengharuskan seseorang untuk bergerak aktif menggunakan seluruh tubuhnya. Ketika tubuh bekerja maksimal, maka jantung akan memompa lebih cepat dari biasanya. Untuk itu, olahraga bola basket juga bermanfaat bagi kesehatan jantung jika dilakukan dengan rutin.

7. Menumbuhkan Rasa Percaya Diri

Olahraga bola basket tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh, tetapi juga dapat meningkatkan kepercayaan diri. Terutama ketika seseorang dapat mencetak poin banyak, atau melakukan teknik-teknik bola basket yang sulit dilakukan.

8. Meredakan Stress

Olahraga bola basket juga bermanfaat untuk meredakan taraf stress seseorang. Olahraga bola basket dapat menjadi medium bagi seseorang untuk refreshing dari kesibukan sehari-hari. Ketika berolahraga, tubuh juga akan menjadi cepat lelah. Maka, kerja otak akan teralihkan kepada rasa lelah dan menghindari overthinking.

9. Melatih Sikap Sportif

Olahraga bola basket tidak hanya mewajibkan pemainnya harus mencetak poin saja. Melainkan juga mengajarkan tentang hormat kepada lawan. Dalam olahraga bola basket, juga terdapat beberapa aturan yang harus ditaati. Jika dilanggar, maka akan mendapat sanksi berupa foul. Untuk itu, olahraga bola basket juga dapat melatih sikap sportif pada seseorang.

10. Menjaga Kestabilan Emosi

Jika seseorang kesulitan menjaga emosi yang meledak-ledak, olahraga bola basket jadi opsi terbaik untuk meluapkan emosi. Seseorang bisa mengalihkan emosinya dengan melakukan shooting (tembak) atau dunk.

Dengan olahraga bola basket ini, seseorang juga harus lebih tenang jika ingin membawa timnya menuju kemenangan. Untuk itu, olahrgaa bola basket dapat bermanfaat untuk menjaga emosi.

11. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Olahraga bola basket menuntut seseorang untuk lebih banyak bergerak. Seseorang yang aktif menggunakan tubuhnya akan memiliki kepadatan mineral tulang yang lebih banyak. Dibanding dengan seseorang yang jarang bergerak.

Jika olahraga bola basket ini rutin dilakukan, maka akan membantu kesehatan tulang seseorang.

12. Mengembangkan Keterampilan Motorik

Seseorang harus pandai mengolah bola ketika melakukan olahraga bola basket. Bola dipantulkan menggunakan tangan sambil berlari. Sehingga harus mempunyai koordinasi yang baik antara tangan dan kaki. Untuk itu, olahraga bola basket bermanfaat untuk meningkatkan motorik seseorang dalam menembak, mengoper, dan melantunkan (dribble) bola.

13. Memperbaiki Postur Tubuh

Olahraga bola basket memerlukan koordinasi tubuh yang baik. Untuk itu, ketika seseorang rutin olahraga bola basket, maka tubuh akan lebih banyak bergerak dan bisa membakar lemak. Bentuk tubuh yang minim lemak akan jauh lebih baik, tidak bungkuk dan membuncit. Sehingga, postur tubuh seseorang akan lebih baik ketika rutin olahraga bola basket dibanding yang tidak pernah melakukannya.

14. Melatih Kerja Sama Tim

Interaksi dalam tim sangat penting bagi olahraga bola basket. Pemain harus bisa memastikan kapan harus mengoper bola ke kawan, atau menghindari lawan. Harmonisasi juga diperlukan untuk memenangkan sebuah permainan bola basket. Dengan itu, olahraga bola basket dapat meningkatkan kerja sama sebuah tim.

15. Meningkatkan Stamina dan Daya Tahan Tubuh

Olahraga bola basket bermanfaat untuk menjaga serta meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh. Sebab, olahraga bola basket memerlukan koordinasi dan ketahanan tubuh yang baik. Jika rutin dilakukan, otomatis stamina dan daya tahan tubuh seseorang akan semakin meningkat.

Bermain Bola Basket untuk Segala Usia

Berdasarkan manfaat di atas, olahraga bola basket dapat dilakukan oleh segala usia. Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh saja, olahraga bola basket juga bermanfaat untuk menjaga psikis.

Lakukanlah olahraga bola basket sebanyak 2-3 kali dalam satu minggu untuk menjaga daya tahan tubuh. Imbangi dengan latihan lainnya untuk menjaga otot agar tetap kuat dan tidak cedera ketika bermain. Utamakan keselamatan dan kenyamanan sebelum olahraga bola basket, seperti sepatu, kondisi lapangan, dan kondisi tubuh

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY