ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Olahraga bola basket merupakan olahraga momentum. Karena itu, seorang atlet harus bisa melihat kesempatan dan membuat momentum di lapangan ketika bertanding. Momentum ini juga dapat diciptakan lewat passing.

Passing yang baik wajib dikuasai oleh seorang pemain basket, terutama ketika offense maupun defense. Seorang atlet wajib melakukan passing yang akurat untuk memulai penyerangan atau mempertahankan area mereka.

Jika passing yang dilakukan tidak akurat, besar kemungkinan lawan akan melakuan turnover dan menguasai bola. Hal itu akan berdampak buruk bagi tim kamu. Maka, seorang atlet harus melakukan passing yang akurat untuk membuat tim bisa lebih efektif dalam mencetak poin.

Baca juga: 5 Teknik Dasar Bola Basket yang Perlu Kamu Kuasai!

Dalam olahraga bola basket sendiri, ada banyak jenis passing yang bisa dipelajari. Berikut adalah jenis passing dalam bola basket yang wajib kamu ketahui:

5 Macam Passing Bola Basket

1. Chest Pass

Sesuai namanya, chest pass adalah teknik passing yang dilakukan sejajar dengan dada. Chest pass dilakukan oleh seorang pemain ketika mengoper bola ke kawannya dari depan dada. 

Teknik passing ini merupakan teknik paling dasar dalam bola basket. Seorang pemain setidaknya harus menguasai chest pass sebelum berlatih untuk menguasai teknik passing lainnya.

Cara melakukan chest pass:

1. Berdiri dengan kaki dibuka selebar bahu dan satu kaki berada di depan

2. Pegang bola di sejajar atau di depan dada

3. Arahkan pandangan ke rekan satu tim yang ingin dioper bola

4. Dorong bola lurus ke arah lawan menggunakan kedua tangan

5. Pastikan tangan tetap lurus ketika mendorong bola

2. Overhead Pass

Overhead pass adalah teknik passing yang dilakukan dari atas kepala dengan kedua tangan. Biasanya, teknik ini dilakukan oleh pemain ketika dalam mode offense atau menyerang.

Overhead pass dilakukan oleh pemain untuk melempar bola ke arah kawan menggunakan kedua tangan dari atas kepala. Biasanya, overhead pass dilakukan untuk menjangkau rekan satu tim yang memiliki posisi agak jauh dari jangkauan. 

Namun, perlu diperhatikan, seorang pemain juga wajib memiliki visi yang baik sebelum melakukan overhead pass. Sebab, jika teknik passing ini dilakukan dengan terburu-buru dan tanpa perhitungan, bola berpotensi dicuri (steal) atau diblok (block) oleh lawan.

Cara melakukan overhead pass:

1. Berdiri dengan kaki dibuka selebar bahu

2. Pegang bola dengan kedua tangan di atas kepala

3. Arahkan bola ke rekan satu tim

4. Lambungkan bola dari atas kepala sampai ke arah rekan satu tim

3. Behind the Back Pass

Behind the back pass adalah teknik passing advance dalam permainan bola basket. Teknik passing ini dilakukan oleh pemain ketika mengoper bola ke rekan satu tim yang berada di belakang, sementara pandangan tetap ke depan. 

Teknik passing ini merupakan passing jarak dekat. Teknik ini juga cukup sulit untuk dilakukan. Dibutuhkan skill mengontrol bola yang mumpuni dan komunikasi yang baik dengan rekan satu tim.

Jadi, perlu diperhatikan pula chemistry antarpemain dalam tim sebelum melakukan behind the back pass. Jangan sampai bolamu dapat dengan mudah dicuri atau diblokir oleh lawan.

Baca juga: Mengenal Pola Pertahanan dalam Permainan Basket dan Teknik Melakukannya

Cara melakukan behind the back pass:

1. Pegang bola dengan satu tangan (yang paling kuat) di belakang tubuh

2. Pastikan rekan satu timmu siap menerima bola di belakang

3. Dorong bola ke arah rekan yang berada di belakang

4. Baseball Pass

Baseball pass adalah teknik passing yang dilakukan ketika mengoper bola ke arah lawan yang cukup jauh dengan menggunakan satu tangan. Baseball pass merupakan salah satu teknik passing yang sulit untuk dilakukan.

Untuk menjangkau rekan setim yang cukup jauh, pemain harus melambungkan bola dengan jauh dengan satu tangan. Teknik ini harus dilatih dengan baik dan berulang supaya akurasi passing bisa tepat dan akurat. 

Cara melakukan baseball pass:

1. Berdiri tegak dengan kaki dibuka selebar bahu

2. Pegang bola di samping kepala dengan satu tangan, menggunakan tangan yang paling kuat

3. Pastikan satu tangan yang lain siap untuk menghalau tangan

4. Lambungkan bola melewati atas kepala ke arah rekan satu tim 

5. Ikuti arah bola setelah bola berhasil mencapai rekan satu tim

5. Bounce Pass

Bounce pass adalah teknik passing jarak dekat. Bounce pass dilakukan untuk mengoper bola ke arah rekan setim dengan memantulkan bola ke lantai. Teknik passing bounce pass ini juga perlu perhitungan yang tepat dan akurat.

Pasalnya, teknik bounce pass ini rawan dicut (potong) oleh lawan. Sebelum melakukan bounce pass, pastikan rekan satu timmu berada dalam jarak dekat dan siap menerima bola. Jadi, dibutuhkan komunikasi yang baik sebelum melakukan bounce pass.

Baca juga: 6 Cara Meningkatkan Stamina dalam Basket agar Performa Optimal

Cara melakukan bounce pass:

1. Berdiri tegak dan buka kaki selebar bahu

2. Pegang bola dengan kedua tangan atau satu tangan (menggunakan tangan paling kuat)

3. Sejajarkan pandangan dengan rekan satu tim yang ingin dioper

4. Pantulkan bola ke lantai sejajar dan searah dengan rekan satu tim

5. Pastikan pantulan bolamu sampai ke tangan rekan satu tim dan ikuti arah bola setelahnya

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY