ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Para pemain DBL Surabaya sedang berlaga di lapangan

Basket menjadi salah satu olahraga permainan yang membutuhkan stamina dengan level tinggi. 

Ini karena pola permainan olahraga basket yang menuntut pergerakan tanpa henti, sehingga tubuh membutuhkan energi dan kekuatan dalam periode waktu yang cukup lama. 

Kali ini, DBL Indonesia akan membahas menganai stamina dan cara meningkatkan stamina dalam basket agar performa optimal.

Pengertian Stamina

Stamina adalah kekuatan dan energi yang memungkinkan seorang atlet atau student athlete mempertahankan upaya fisik atau mental untuk jangka waktu yang lama. 

Meningkatkan stamina dalam basket dapat membantu atlet atau student athlete meraih performa yang optimal. 

Di luar kebutuhan olahraga, meningkatkan stamina juga dapat mengurangi kelelahan, mengurangi stres, mengurangi insomnia, hingga menurunkan berat badan. 

Stamina berbeda dengan endurance (daya tahan). Stamina adalah kemampuan seseorang untuk melakukan sesuatu dengan usaha maksimal selama ia mampu terlibat dalam kegiatan tersebut.  

Sebaliknya, daya tahan adalah kemampuan seseorang untuk melakukan sesuatu tidak dengan intensitas maksimal tetapi tetap dalam jangka waktu yang lama. 

Stamina berfokus pada memaksimalkan output, sedangkan daya tahan berfokus pada memaksimalkan waktu.

Baca Juga: 7 Cara Melatih Fisik Agar Tidak Cepat Lelah dan Kuat Saat Berolahraga

Cara Meningkatkan Stamina dalam Basket

Ada berbagai cara untuk meningkatkan stamina dalam basket agar performa optimal. Beberapa di antaranya berkaitan dengan pola latihan, nutrisi, konsumsi, hingga istirahat yang cukup. 

Berikut ini DBL Indonesia rangkum cara meningkatkan stamina dalam basket agar performa optimal. 

1. Pemanasan yang Tepat

Salah satu cara meningkatkan stamina dalam basket agar performa optimal, adalah dengan meningkatkan pemanasan yang tepat.

Pemanasan yang tepat dalam olahraga basket dapat memperlancar proses aliran darah pada otot-otot yang ada, meningkatkan kinerja jaringan otot pada tubuh, dapat membangkitkan mental atlet sehingga meningkatkan stamina.

Pemanasan juga memperlancar pengikatan oksigen dengan hemoglobin dalam tubuh, memperlancar metabolisme tubuh sehingga dapat meningkatkan jumlah energi yang dihasilkan, dan mengindari ketegangan otot. 

Lakukan pemanasan 30 menit sebelum melakukan pertandingan. Pastikan seluruh anggota tubuh, terutama kaki dan tangan, melakukan beberapa gerakan pemanasan. Untuk mengurangi cederan dan mengindari rasa kaku. 

2. Latihan yang Tepat

Latihan yang tepat dapat membantu meningkatkan stamina dalam bermain basket. Ini juga menjadi salah satu cara meningkatkan stamina dalam basket agar performa optimal. 

Latihan yang benar juga dapat meningkatkan kekuatan, kemampuan atletik, serta mengurangi cedera. 

Beberapa latihan yang tpat untuk menjadi salah satu cara meningkatkan stamina dalam basket agar performa optimal di antaranya, sebagai berikut:

Lateral Lunges: Gerakan lateral dalam bola basket merupakan gerakan penting untuk menjaga pertahanan atau manuver ofensif. Gerakan ini juga meningkatkan otot-otot yang secara langsung berguna untuk meningkatkan kemampuan dalam basket.

Trap Bar Deadlift: Deadlift trap bar merupakan salah satu latihan penting dalam olahraga basket. Dengan deadlift trap bar, atlet atau student athlete dapat mengendalikan bobot dengan lebih ringan atau menambahkan resistance sehingga dapat dengan cepat berdiri atau melompat dari tanah. 

Glute Bridge: Glute Bridge dapat meningkatkan pola penembakan dan perekrutan otot, gerakan glute brige penting untuk gerakan melompat dan melakoni gerakan eksplosif. Ini juga berkaitan dengan peningkatan stamina. 

Physio Ball Leg Curl: Gerakan ini membuat pinggul tetap lurus dan memaksa otot paha belakang bekerja, yang pada akhirnya meningkatkan kemampuan melompat dan kekuatan posterior. Sehingga, latihan ini juga bagus untuk meningkatkan stamina. 

Lateral Bound: Lateral bound dapat membangun kekuatan lateral yang eksplosif pada kaki, sehingga membuat pemain siap untuk melakukan gerakan memotong cepat dan gerakan menyamping.

Baca Juga: Beep Test: Pengertian dan Manfaat untuk Kebugaran

3. Teknik Pernapasan yang Tepat

Melakukan teknik pernapasan yang tepat dapat meningkatkan fokus dan kekuatan untuk meningkatkan stamina.

Selain meningkatkan stamina, teknik pernapasan yang tepat dalam basket dapat membuat atlet atau student athlete lebih kuat di lapangan. Apalagi, kemampuan menarik napas dalam-dalam sangat diperlukan untuk menang. 

Berikut adalah beberapa teknik pernapasan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan stamina dalam basket agar optimal.

Teknik Pernapasan Seimbang: Latihan ini sangat membantu untuk meningkatkan kapasitas paru-paru dan mengatasi sesak napas. Latihan pernapasan yang penuh kesadaran ini paling baik dilakukan sebelum tidur. 

Teknik Meditasi Terpandu: Latihan meditasi terpandu biasanya dilakukan dengan bimbingan dari seorang ahli, atau dengan rekaman panduan audio dari aplikasi. 

Yoga dan Tai-Chi: Sama seperti latihan lainnya, Tai-Chi dan yoga membawa kesadaran pada tubuh. Tai-Chi juga merupakan salah satu teknik pernapasan tertua dan terbaik yang bisa dilakukan.  

4. Nutrisi yang Seimbang

Mencukupi kebutuhan nutrisi menjadi salah satu cara untuk meningkatkan stamina dalam bermain basket. Beberapa nutrisi yang harus atlet atau student athlete konsumsi di antaranya adalah protein, karbohidrat, sayur dan buah-buahan. 

Beberapa makanan yang bisa dikonsumsi atlet, untuk memenuhi kebutuhan nutrisi di antaranya, putih telur, gandum, susu, ikan, daging merah, sayur dan buah-buahan. 

Baca Juga: Ini Menu Sahur Sehat untuk Atlet agar Performa Terjaga Selama Ramadan

5. Pastikan Tubuh Tetap Terhidrasi

Tubuh terhidrasi menjadi salah satu cara meningkatkan stamina dalam basket agar optimal. 

Minum cukup cairan akan membantu menjaga konsentrasi dan kinerja, meningkatkan daya tahan tubuh, dan mencegah peningkatan detak jantung dan suhu tubuh yang berlebihan.

6. Istirahat yang Cukup

Latihan dengan intensitas yang tinggi juga membutuhkan istirahat yang cukup. Recovery atau istirahat yang cukup berperan penting dalam cara meningkatkan stamina olahraga basket agar performa optimal. (*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY