ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Pertandingan dalam DBL DKI Jakarta Series

Kesehatan fisik dapat mendukung performa yang baik ketika beraktivitas sehari-sehari.

Bagi pegiat olahraga dan atlet, memiliki fisik yang kuat dapat membantu tampil dengan performa yang maksimal. Untuk itu, penting melatih fisik agar tidak cepat lelah. 

Kesehatan fisik yang kurang optimal dapat menjadi penyebab cepat lelah ketika berolahraga. 

Ini dapat menimbulkan dampak negatif bagi seseorang yang memiliki aktivitas olahraga fisik berat seperti basket, sepakbola, voli, hingga atletik. 

Kali ini, DBL Indonesia akan membahas bagaimana cara melatih fisik agar tidak cepat lelah ketika berolahraga. 

Cara Melatih Fisik Agar Tidak Cepat Lelah

Cara melatih fisik agar tidak cepat lelah sebenarnya cukup mudah, kamu bisa melakukan secara mandiri. 

1. Rutin Olahraga

Rutin berolahraga dapat menjadi cara ampuh agar fisik tidak cepat lelah. 

Menurut para ahli, lakukan olahraga rutin setidaknya 1 jam dalam sehari. Rutin berolahraga juga membuat tubuh beradaptasi dengan aktivitas dan gerakan berat. 

Jika kamu belum terbiasa untuk rutin berolahraga, awali dengan olahraga sederhana. Seperti jalan santai, bersepeda, hingga jogging pagi hari. Kemudian tingkatkan intensitas secara perlahan. 

Tubuh yang telah terbiasa dengan aktivitas dan gerakan akan memiliki fisik yang tidak mudah lelah, karena telah mengalami kondisi serupa berkali-kali. 

Baca Juga: Beep Test: Pengertian dan Manfaat untuk Kebugaran

2. Memilih dan Memperhatikan Nutrisi dalam Asupan

Selain didukung oleh aktivitas fisik rutin, nutrisi yang tepat menjadi salah satu cara melatih fisik agar tidak mudah lelah. 

Nutrisi yang tepat dapat mendukung aktivitas olahraga yang maksimal. 

Tanpa nutrisi yang cukup dari sumber makanan sehat, seorang atlet akan kesulitan untuk mencapai performa terbaiknya. 

Sebaiknya, seorang atlet memiliki konsumsi terjadwal makanan bergizi dengan memilih setidaknya satu makanan dari karbohidrat, protein, dan lemak.

Beberapa makanan yang bisa dikonsumsi oleh atlet dan dipercaya kaya nutrisi, di antaranya adalah telur, daging merah, susus, buah-buahan, gandum hingga sayuran. 

3. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup dapat mendukung fisik agar tidak mudah lelah. 

Pastikan pola tidur yang kamu lakukan cukup bermanfaat bagi tubuh, seperti mengembalikan energi yang telah hilang ketika beraktivitas. 

Selain itu, istirahat yang cukup juga dapat membuat suasana hati meningkat, sehingga kamu akan menjalani aktivitas fisik dengan senang dan merasa tidak berat. 

4. Konsumsi Vitamin

Selain nutrisi di setiap asupan yang perlu diperhatikan, kamu juga perlu untuk engonsumsi vitamin agar fisik tidak cepat lelah dan kuat. 

Beberapa manfaat vitamin yang harus kamu ketahui adalah, menghasilkan energi, membangun sel dan protein, membangun kolagen, hingga melepaskan energi. Selain itu, vitamin juga berguna untuk menjaga imun tubuh. 

Dengan imun yang kuat, tubuh tidak akan mudah terserang penyakit dan lebih kuat melakukan aktivitas berat. Sehingga, tubuh juga akan jauh dari rasa lelah. 

5. Minum Air Putih

Air putih memiliki beragam manfaat yang dapat mendukung fisik agar tidak cepat lelah. Seperti, mencegah dehidrasi, meningkatkan konsentrasi, menjaga kesehatan organ hingga menjadi cairan pengantar nutrisi. 

Dari beberapa manfaat di atas, minum air putih dapat disimpulkan membantu menjaga keseimbangan tubuh. Sehingga tidak akan berdampak negatif ketika tubuh melakukan aktivitas fisik berat. 

6. Pemanasan yang Benar

Pemanasan dengan benar dapat membantu menyiapkan tubuh menyiapkan diri sebelum melakukan aktivitas dengan berat. Sehingga, ketika akan melakukan olahraga, tubuh tidak akan membuang energi yang diperlukan. Sehingga, 

Pemanasan dengan benar juga dapat menghindari risiko terjadinya cedera. Sehingga tubuh akan terhindar dari beberapa dampak aktivitas yang dapat merugikan. 

Baca Juga: 6 Cara Meningkatkan Stamina dalam Basket Agar Performa Optimal

7. Meditasi

Meditasi dapat memperkuat daya tahan tubuh. Studi membuktikan bahwa dengan melakukan meditasi secara rutin dalam seminggu, seseorang dapat tidak mudah lelah dan terlepas dari stres. 

Itu beberapa cara untuk melatih fisik agar tidak cepat lelah dan kuat untuk melakukan olahraga. Beberapa saran di atas dapat kamu lakukan rutin dalam aktivitas sehari-hari. (*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY