1 Mei 2010 bukan hanya momen istimewa bagi DBL Indonesia karena pecahnya rekor penonton para laga final. Tapi juga tanggal yang bersejarah buat tim putri SMA Stella Duce 1 (Stece) serta tim putra SMA Kolese De Britto. Sebab pada Honda DBL 2010 seri Jogjakarta, kedua sekolah itu berhasil mempertahankan gelar juara.

Baca juga: Jumlah Penonton Honda DBL Jogja Pecahkan Rekor Indonesia

Yup, di laga final yang berlangsung super seru, tim jawara 2009 itu berhasil menghentikan perlawanan musuhnya. Tim putri SMA Stella Duce 1 (Stece) Jogjakarta berhasil mengalahkan SMA Santa Maria Jogjakarta dengan skor 62-34. Kemudian, tim putra SMA Kolese De Britto juga mengulangi sukses tahun lalu, menang 82-37 atas SMAN 3 Jogjakarta.

Laga final putra itu juga seperti menjadi ajang ''perang heboh'' suporter. Hampir 1.000 pendukung SMAN 3 datang, bersahut-sahutan dengan suporter De Britto yang jumlahnya tidak terpaut jauh.

Honda DBL 2010 seri Jogja tahun 2020 itu juga menjadi yang pertama di luar Jawa Timur -setelah Surabaya dan Malang- yang menerapkan sistem setengah kompetisi. Sebanyak 48 tim (24 putra, 24 putri) terbagi-bagi dalam 16 grup, berisi masing-masing tiga tim. Mereka yang jadi juara grup lantas lolos ke babak playoff, untuk kemudian saling menggugurkan menuju juara. Kota-kota lain masih menerapkan sistem gugur.(*)

Populer

Melati Tedja, Puteri Indonesia 2024 Alumnus JRBL yang Serba Bisa!
Berikut Ukuran dan Tinggi Ring Basket yang Sesuai Aturan FIBA
Mengenal Kopi Good Day, Produk Kopi Anak Muda yang Banyak Rasa
Mengenal Pola Pertahanan dalam Permainan Basket dan Teknik Melakukannya
Perasaan Campur-aduk Zihad Visabililah Terpilih DBL All-Star 2024