Begini Tips Jitu Bertha Ayunda Jadi Top Point Seri Jambi

| Penulis : 

Perhelatan Honda DBL Jambi Series 2019 lalu meninggalkan banyak kesan bagi Bertha Ayunda. Pasalnya, musim kemarin ia berhasil keluar jadi top leader point. Dengan torehan total 67 poin dalam tiga laga. Atau, rerata per game dia mencetak 22,3 ppg.

Torehan prestasi Bertha makin lengkap karena ia juga berhasil membawa SMAN 4 Jambi jadi kampiun sektor putri. 

Itu jadi bukti, bahwa sebagai seorang center tak hanya harus piawai rebound. Tapi juga produktif mengemas poin. 

Nah, berikut ini tiga kiat biar produktif dan jago saat di paint area ala Bertha Ayunda.

Berani dan Percaya Diri
Bermain di posisi center, Bertha kerap beradu badan dengan lawan. Posturnya yang tidak terlalu besar sebagai center, tidak membuatnya ciut. Justru ia terus terpacu untuk membuka peluang, agar bisa membantu mencetak poin bagi tim.

Catatan field goals 49,1 persen jadi bukti ia tak gentar untuk memanfaatkan setiap peluang. "Masuk nggak masuk belakangan, yang penting pede," paparnya.

Jangan Lupa Bertahan
Penyerangan yang baik berawal dari pertahanan yang sulit ditembus. Nah, sebagai seorang center tugas Bertha tidak mudah. Ia juga mesti menjaga kedalaman pertahanan tim. Dengan tinggi 170 sentimeter ia enggak ragu untuk duel udara. Dari pertahanan yang baik tim bisa membangun serangan yang rapi. "Jangan sampai lupa defense, percuma kalau poin banyak tapi pertahanan kendur," ucapnya.

Membaca Situasi Pertandingan
Bermain di hadapan ribuan penonton pasti bikin grogi. Hal itu berpengaruh pada konsentrasi saat bermain. Namun, Bertha mencoba untuk melawan rasa grogi tersebut. Apalagi, ia harus pandai membaca situasi di lapangan. Sebab, baginya lawan punya cara bermain yang berbeda.

"Kita nggak tahu skill lawan seperti apa. Kita harus bisa tampil lebih baik dari mereka, minimal seimbangkan skill kita," pungkasnya. (*)

Populer

Ke Amerika! Ini Skuad Elite Kopi Good Day DBL Indonesia All-Star 2024
Justin Patrick Alex Ikuti Jejak Kakak Terpilih DBL All-Star, Plus Bonus MVP!
Berikut Ukuran dan Tinggi Ring Basket yang Sesuai Aturan FIBA
Skuad Putra Kopi Good Day DBL Indonesia All-Star 2024
Skuad Putri Kopi Good Day DBL Indonesia All-Star 2024