MVP Honda DBL West Nusa Tenggara Series, Kelvin Saputra Tan memang memiliki skill olah bola yang luar biasa. Aksinya bersama SMA Kusuma Cakranegara di Honda DBL musim lalu menghasilkan 59 poin, 43 rebound, tujuh assist, dan sebelas steal.

Aksi hebatnya tersebut adalah buah kerja keras pebasket 18 tahun ini. Kelvin memiliki jadwal latihan rutin untuk mempersiapkan diri menyambut Honda DBL musim lalu.

"Defense menurutku adalah kunci segalanya. Dengan defense yang baik, selain bisa menahan musuh, juga bisa menciptakan momentum untuk mencetak poin," ujarnya.

Mahasiswa baru di Universitas Pelita Harapan (UPH) menambahkan jika one on one adalah latihan yang paling mudah untuk mengasah naluri bertahannya. Di sini ia dapat mempelajari kelemahan lawan untuk menciptakan momentum.

Salah satunya adalah ambisi untuk melewati lawan. Bagi Kelvin, ada banyak sekali pemain yang berambisi melewati ketika sedang membawa bola. Hal ini justru menjadi keuntungan tersendiri baginya.

"Kalau sudah ambisi dan ada emosinya, yang ada dia kerap lengah. Ini momentum yang sering aku manfaatkan," jelas Kelvin.

Tak melulu soal defense, Kelvin juga mengasah penyelesaian akhirnya. Beberapa drill seperti shooting dan lay up menjadi menu makanan tambahannya setelah latihan. Baik di sekolah maupun klub.

Hal inilah yang membuat efisiensi field goal-nya sangat baik. Mencapai 51 persen. Selain itu, ia juga punya tingkat efisiensi free throw sebesar 44 persen,

"Yang terpenting adalah latihan. Jangan meremehkan lawan! Kalau tidak bisa latihan bersama, harus menambah latihan sendiri di rumah. Jadi sense-nya bakal terasah," tutur Kelvin.(*)

Populer

Ke Amerika! Ini Skuad Elite Kopi Good Day DBL Indonesia All-Star 2024
Skuad Putri Kopi Good Day DBL Indonesia All-Star 2024
Halmaheranno di Antara All Star Kedua dan Tugas Akhir Sekolah
Berikut Ukuran dan Tinggi Ring Basket yang Sesuai Aturan FIBA
Justin Patrick Alex Ikuti Jejak Kakak Terpilih DBL All-Star, Plus Bonus MVP!