3 Cara Sederhana Ini Bisa Latih Basketball IQ Kalian

| Penulis : 

Menjadi seorang pemain basket bukan hanya jago soal teknik aja. Tapi, juga mesti bisa membaca keadaan di lapangan ataupun memahami strategi yang diberikan oleh pelatih. Mengenai itu, pastinya amat sangat berkaitan dengan basketball IQ seorang pemain.

Kecerdasan pemain ini bisa dilatih. Tujuannya tentu supaya pemain bisa berpikir cepat dalam mengambil keputusan saat di lapangan. Nah, soal itu kalian bisa perhatikan 3 cara mengasah kecerdasan dalam bermain basket. Tips ini dibuat oleh Kyle Ohman. Ia seorang mantan pemain basket profesional asal Spanyol. Ia juga co-creator di Basketballhq.com.

Apa saja sih tipsnya? Simak detailnya berikut ini!

1. Nonton dan Amati

Sebagai seorang pemain basket, kalian mesti jeli melihat setiap pergerakan lawan. Agar bisa memahami pergerakan lawan, kalian bisa belajar mengamati pertandingan basket. Bebas, boleh NBA, IBL, atau bahkan kalian juga bisa simak pertandingan DBL di YouTube DBL Play.

Tapi, perlu diingat, bukan hanya menonton aja, tapi siapkan catatan juga. "Kalian dapat mengamati pemain yang unggul di satu bidang. Semisal seorang pemain piawai melakukan rebound, perhatikan bagaimana mereka ketika berebut bola dan melompat dengan baik,” kata Kyle.

2. Jangan Malu Bertanya

Sebagai pemain kalian juga mesti haus akan ilmu dan informasi mengenai basket. Kadang, kebanyakan bertanya kerap dianggap hal yang tidak keren. Tapi, kenyataannya seseorang yang bertanya berarti dirinya memiliki rasa ingin tahu yang berlebih. "Jangan cuma menanyakan soal materi latihan atau pertandingan. Tapi, tanyakan juga seputar basket yang bisa menambah wawasan kalian," cetus Kyle.

3. Belajar dari Pemain Lainnya

Cara hebat lainnya untuk meningkatkan basketball IQ adalah belajar dari pemain yang punya IQ lebih dari kalian. Semisal Lebron James seorang pemain La Lakers. Ia dikenal sebagai seorang point guard yang handal dalam tim. Atau jangan sungkan juga belajar dari teman rekan setim yang menurut kalian lebih unggul dari kalian.

"Jadilah busa buat menyerap semua ilmu dari mereka. Perhatikan juga cara pintar pemain yang lebih berpengalaman ketika kalian bermain pick up game melawan mereka," tungkas Kyle.(*)

Populer

Ke Amerika! Ini Skuad Elite Kopi Good Day DBL Indonesia All-Star 2024
Justin Patrick Alex Ikuti Jejak Kakak Terpilih DBL All-Star, Plus Bonus MVP!
Skuad Putri Kopi Good Day DBL Indonesia All-Star 2024
Skuad Putra Kopi Good Day DBL Indonesia All-Star 2024
Berikut Ukuran dan Tinggi Ring Basket yang Sesuai Aturan FIBA