Melatih otot bagian kaki sudah jadi hal wajib bagi para pemain basket. Sebab, kaki menjadi tumpuan utama pada permainan bola karet ini. Namun, bukan hanya porsi latihannya aja yang mesti kalian perhatikan. Melainkan asupan yang kalian konsumsi juga harus diatur dengan baik.

Salah satu menu yang pas untuk memperkuat otot kaki adalah dengan mengonsumsi sayur-sayuran berwarna hijau. Dikutip dari situs resmi Harvard Medical School, para peneliti mengumpulkan informasi diet dari 3.759 orang secara berkala selama 12 tahun. Termasuk jenis dan jumlah makanan yang dimakan setiap hari.

Studi yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition pada 24 Maret itu menyebutkan bahwa para peneliti fokus pada asupan penelitian soal asupan makanan tinggi nitrat, yang terkait dengan fungsi pembuluh darah dan otot yang lebih baik.

Pada penelitian di akhir tahun ke 12, kekuatan kaki dan kecepatan berjalan peserta diukur. Kekuatan kaki dievaluasi dengan tes ekstensi lutut. Kecepatan berjalan ditentukan oleh seberapa cepat orang dapat bangkit dari kursi, berjalan sejauh delapan kaki, dan kembali ke posisi duduk.

Mereka menemukan bahwa orang yang mengikuti diet tinggi nitrat - sekitar 90 miligram (mg) nitrat setiap hari, yang sebagian besar berasal dari sayuran berdaun hijau, memiliki kekuatan otot kaki yang lebih besar dan kecepatan berjalan lebih cepat daripada mereka yang makan setengah dari jumlah itu.

Tubuh mengubah nitrat menjadi oksida nitrat, yang dapat membuka pembuluh darah guna meningkatkan aliran darah dan kinerja olahraga. Hal itu berdampak pada kekuatan otot dan membuang limbah yang menyebabkan rasa sakit.

Hasil penelitian juga menunjukkan, bahwa sayuran hijau seperti selada, bayam, dan kangkung memiliki banyak manfaat. Sebab, sayuran hijau tersebut mengandung sekitar 75 mg nitrat per cangkir.

“Secara umum, sayuran berdaun hijau adalah beberapa makanan yang paling kaya nutrisi dan ringan kalori di bumi, sayuran ini mengandung banyak vitamin dan mineral,” kata Dr. Casey Kelley, seorang dokter keluarga sekaligus pendiri instansi kesehatan integratif kasus di Illinois, AS.

Lebih lanjut, Kelley menambahkan dengan konsumsi sayuran hijau yang bisa memperkuat otot, maka akan berdampak baik buat bagian tubuh lainnya. Diantaranya untuk kesehatan sendi dan tulang. “Perawatan otot memastikan bahwa seluruh sistem tubuh berfungsi baik. Manusia adalah satu sistem yang lengkap, bukan bagian yang berbeda yang beroperasi secara independen,” pungkas Kelley. (*)

Populer

Biak Mendobrak (3): Jerih Payah Jualan di Pantai Demi Bisa Tampil di Jayapura
Mengenal Kopi Good Day, Produk Kopi Anak Muda yang Banyak Rasa
Drill Favorit Dominique Evelian Selama DBL Camp 2024
Pertama Kali Ikut DBL Camp, Efrael Yerusyalom Dapat Teman dari Berbagai Daerah
To The Future: Windi Adinda Oceanty Lanjut ke Teknologi Pangan Unpad!