ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro (source: Manado Post)

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan bahwa Gunung Ruang erupsi pada Selasa, 16 April 2024, pukul 21.45 WITA. Gunung Ruang sendiri merupakan salah satu gunung berapi aktif di wilayah Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara.

Kepala PVMBG, Hendra Gunawan, menyebut bahwa erupsi ini disebabkan karena gempa bumi tektonik sebanyak dua kali yang berpusat di Laut Maluku. Sehingga memicu pergolakan vulkanik pada Gunung Ruang.

Gempa tektonik berkekuatan M 6,4 dengan kedalaman 94 kilometer di barat laut Pulau Doi, Maluku Utara, menjadi pemicu pertama pergolakan vulkanik. Gempa ini terjadi pada 9 April 2024.

Lima hari setelahnya, gempa tektonik kembali terjadi. Gempa ini berkekuatan M 5,1 dengan kedalaman 122 kilometer yang berada di barat daya Pulau Doi, Maluku Utara.

Dari erupsi ini, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) kemudian menutup akses penerbangan Bandara Sam Ratulangi di Manado pada Kamis, 18 April 2024. Hal ini lantaran abu vulkanik berdampak pada keamanan dan keselamatan penerbangan. 

Baca juga: Christy Sangkay Kebut Persiapan untuk Kopi Good Day DBL Camp!

Hingga saat ini, BNPB memperpanjang penutupan Bandara Sam Ratulangi untuk sementara waktu. Lewat siaran pers, BNPB menyebutkan bahwa distribusi abu vulkanik Gunung Ruang terpantau hingga Kabupaten Minahasa Utara. 

Manado sendiri merupakan salah satu kota tempat penyelenggaraan Honda DBL with Kopi Good Day. Dari Manado, setidaknya ada 10 pemain dan 2 pelatih yang terpilih menjadi bagian First Team dan direncanakan akan berangkat ke Jakarta untuk mengikuti Kopi Good Day DBL Camp 2024.

First Team DBL ManadoFirst Team Honda DBL with Kopi Good Day 2023 North Sulawesi Series

Astrid Septiana, Event Manajer DBL Indonesia, menjelaskan bahwa perjalanan peserta DBL Camp dari Manado harus dialihkan melalui jalur darat. Ini merupakan bentuk mitigasi dari DBL Indonesia untuk ke 12 peserta (pelatih dan pemain) yang masih berkomitmen mengikuti Kopi Good Day DBL Camp 2024.

"Dengan melihat kondisi di Manado, kami dari DBL Indonesia memutuskan mencari solusi untuk 12 peserta ini agar bisa tetap datang ke Jakarta. Mereka harus menempuh jalur darat. Ini satu-satunya cara agar mereka bisa datang. Alhamdulillah, mereka menyetujui itu, walaupun medan yang ditempuh cukup berat," terang Astrid.

Baca juga: Berangkat DBL Camp Bareng Papa, Gave Tumuwo: Jarang-jarang Kayak Gini!

Ke-12 peserta ini harus melalui jalur darat. Berangkat dari Kota Manado menuju Bandara Mutiara Sis Al-Jufrie di Palu. Kurang lebih, perjalanan yang ditempuh sejauh 946 kilometer dengan estimasi 21 jam. 

Mereka dijadwalkan melalui jalur darat pada Sabtu, 20 April 2024, pukul 18.00 WITA. Sebelum nantinya mereka terbang dari Palu menuju Jakarta.


Rombongan campers dari DBL Manado foto bersama sesaat sebelum berangkat menuju Palu, Sulawesi Tengah.

Untuk rute penerbangan pun, ke-12 peserta harus menempuh perjalanan kurang lebih 11 jam. Hal ini lantaran tiket langsung dari Palu menuju Jakarta sudah habis terjual.

Mereka akan berangkat dari Bandara Mutiara Sis Al-Jufrie di Palu menuju Bandara Morowali untuk transit. Kemudian, mereka akan berangkat dari Morowali ke Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar. Dari Makassar, mereka langsung menuju ke Bandara Soekarno Hatta, Jakarta.

"Sebelumnya, dari DBL Indonesia sendiri memang menawarkan solusi ini ke setiap pemain dan pelatih. Kami sangat bersyukur mereka menyambut baik solusi yang ditawarkan dan memegang komitmen buat tetap berpartisipasi di Kopi Good Day DBL Camp 2024," tutur Astrid.

Sementara itu, keputusan mitigasi yang dilakukan DBL Indonesia mendapatkan sambutan positif dari para peserta. Salah satunya Herry Tri Haryanto Tumuwo, pelatih SMA Eben Haezar Manado sekaligus ayah dari Gave Tumuwo.

Herry sempat tidak terpikir panitia dari DBL Indonesia tetap memperjuangkan keberangkatan campers dari DBL Manado. "Begitu kami dikabari ada opsi jalur darat, kami tentu senang sekali. Terima kasih untuk DBL Indonesia," ujarnya.

Kopi Good Day DBL Camp 2024 sendiri berlangsung di GOR Soemantri Brodjonegoro, Jakarta pada 23 hingga 28 April 2024. 

Honda DBL with Kopi Good Day 2023-2024 digelar di 30 kota dan 22 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2023-2024 juga menampilkan Pond's Men 3X3 Competition. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2023-2024 disiarkan live di channel YouTube DBL Play.(*)

Lihat di sini nama-nama pemain First Team Putri DBL Manado

Lihat di sini nama-nama pemain First Team Putra DBL Manado

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY