ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Tembok tebal pertahanan Smanda berhasil buat SMAN 1 Karanganar tak berkutik

SOLO - Langkah positif terus ditunjukkan tim basket putri SMAN 2 (Smanda) Kebumen di ajang Honda DBL Central Java Series 2019-South Region. Menjadi tim yang beruntung yang berlaga di pertandingan pembuka, Smanda sekaligus jadi tim pertama yang behasil menembus babak fantastic four.

Kepastian itu didapat setelah tim asal pesisir selatan Jawa Tengah tersebut mengalahkan SMKN 1 Karanganyar dengan skor, 26-19 di GOR Sritex Arena, Kamis (29/08/19). Smanda tak pernah memimpikan bahwa mereka akan melangkah sejauh ini. Masuk big eight saja, adalah hal yang terduga bagi mereka. Tak ingin sia-siakan kesempatan, mereka bakal tampil optimis di babak fantastic four nanti.

"Tahun lalu kami hanya menang sekali setelah itu kalah. Namun kami tidak ingin terlena dan berusaha terus melaju hingga final kalau bisa," kata pelatih Smanda Kebumen, Nuli Sukma Wardana. Sang pelatih sama seperti anak-anak lainnya. Ia juga diliputi rasa haru, sekaligus bangga atas kemenangan ini.

Namun, jalan terjal harus ditempuh oleh anak-anak Smada sebelum sampai ke babak fantastic four. Mereka, harus berjibaku dengan SMKN 1 Karanganyar dengan sengit. Di laga pembuka, suporter kedua tim telah memadati tribun kian membakar semangat keduanya.

Bersatu dalam chant, kedua suporter memotivasi masing-masing tim sekolah mereka agar menang. Pertandingan pun berjalan seru di kuarter pertama. Keduanya saling bertukar serangan. Keseruan itu memaksa mereka harus puas dengan skor 6 sama di akhir kuarter pertama.

Di kuarter kedua, sistem pertahanan disiplin Smanda, membuat SMKN 1 Karanganyar tak bisa berbuat banyak. Di kuarter kedua, mereka mati langkah dan terpaksa scoreless. Sementara Smanda, berhasil menambah tujuh poin. Lumayan unggul, Smada menutup paruh pertama dengan skor 13-6, Smada memimpin sementara.

SMKN 1 Karanganyar perlahan mulai bangkit di kuarter ketiga. Berondongan tembakan dua angka membuat mereka sempat memperpendek jarak ketertinggalan menjadi 14-18, di pertengahan kuarter. Namun sayang, konsistensi pertahanan mereka rapuh. Menjelang kuarter berakhir, justru Smada berhasil menjauhkan margin skor. Unggul 20-14, Smada makin percaya diri di babak selanjutnya.

Tampil mendominasi di awal kuarter, Smada sempat hampir terkejar saat pertandingan memasuki menit kedua. Mereka hanya unggul 2 angka, 20-18 atas lawannya. Namun, dengan perombakan line-up, Smada bisa mengamankan kedudukan mereka hingga akhir laga. Duel sengit ini pun dipungkasi dengan skor 26-19. Berkat kemenangan ini, Smanda berhak melaju ke babak fantastic four.

"Saya selalu tekankan kepada pemain untuk tetap fokus dan menghilangkan beberapa faktor negatif baik dari internal maupun eksternal. Meski kami dari luar kota dan jauh, namun motivasi pemain untuk terus melaju cukup besar," ujar coach Nuli Sukma, pelatih SMAN 2 Kebumen.

Hasil statistik lengkap pertandingan ini dan profil pemain, klik di sini.

 

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY