ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Persiapan terakhi di venue sebelum ada keputusan kompetisi digelar harus tanpa penonton

LIGA basket pelajar terbesar tanah air Seri Sulawesi Selatan, Honda DBL with KFC 2022 South Sulawesi Series sejatinya akan bergulir mulai hari ini, Sabtu, 1 Oktober 2022. Direncanakan berlangsung hingga 7 Oktober mendatang di GOR Unhas, Makassar. Sayangnya, penyelenggaraannya terpaksa ditunda.

Sayangnya, rencana yang telah disusun rapi tersebut terpaksa harus mengalami penundaan. Lantaran pihak pengelola GOR Unhas mendadak merevisi izin terkait penggunaan venue. Bagi kegiatan apapun yang melibatkan kehadiran pelajar SMA di GOR Unhas. Apalagi yang menghadirkan penonton. Sebagai imbas dari meletusnya insiden kericuhan antarsuporter pada salah satu turnamen futsal yang digelar di lokasi yang sama pada Senin lalu, 26 September 2022.

Kabar terkait revisi penggunaan venue dari pihak pengelola GOR Unhas itu baru diterima oleh harian Fajar dan DBL Indonesia pada hari Jumat malam, 30 September 2022 kemarin. Padahal, segala persiapan sudah nyaris seratus persen selesai.

Pihak pengelola GOR Unhas berkilah bahwa mereka tetap membolehkan penggunaan venue untuk kegiatan Honda DBL with KFC 2022 Seri Sulsel. Namun, atas arahan langsung dari Rektor Unhas, kegiatan ini tidak diperbolehkan dihadiri penonton.

”Jujur kami shock mendapat kabar itu. Apalagi waktunya sangat mepet dengan dimulainya kegiatan. Hanya beberapa jam menjelang dimulainya laga pembukaan,” ujar Donny Rahardian, Wakil Direktur DBL Indonesia.

Tak hanya pemberitahuan yang mendadak. Donny juga sangat menyayangkan opsi yang disodorkan pengelola bahwa penyelenggaraan tetap boleh memakai GOR Unhas namun dengan larangan kehadiran penonton.

“Kalau harus menggelar kegiatan ini (Honda DBL with KFC 2022 Seri Sulsel) tanpa penonton menurut kami adalah kemunduran besar. Mengingat sudah dua tahun lebih seluruh kegiatan olahraga harus terhenti karena pandemi. Sedangkan sekarang situasinya sudah membaik. Seluruh stakeholder juga antusias menyambut kembalinya aktivitas olahraga dengan kehadiran penonton,” papar Donny.

Karena itu, meski harus menanggung kerugian yang tidak sedikit, keputusan tegas dibuat oleh DBL Indonesia serta harian Fajar selaku penyelenggara. “Kami harus mencari alternatif venue pengganti. Dan sebagai imbasnya, waktu pelaksanaan Honda DBL with KFC 2022 Seri Sulsel ini harus mengalami penundaan,” sambung Donny.

”Kami harus menjelaskan satu persatu kepada para partner pendukung, begitupula sekolah peserta. Kami harapkan seluruh yang terlibat bisa memahami situasi dan kondisi ini. Secepatnya, kami akan informasikan terkait revisi tanggal serta venue pelaksanaan Honda DBL with KFC 2022 Seri Sulsel,” tutup Donny. (*)

Kronologis Pengelola GOR Unhas Melarang Kehadiran Penonton Imbas Tawuran Turnamen Futsal

8 Agustus 2022
Surat permohonan pemakaian GOR Unhas untuk pelaksanaan Honda DBL with KFC 2022 South Sulawesi Series diajukan kepada pengelola.

6 September 2022
Pengelola GOR Unhas mengeluarkan Surat Persetujuan Pemakaian Tempat dengan Nomor:27544/UN4.1.4.4/RT.04.04/2022 yang ditandatangani oleh Kasubdit Pemanfaatan Aset Universitas Hasanudin. Tanpa ada catatan apapun.

26 September 2022
Terjadi tawuran antarsuporter pada salah satu turnamen futsal yang diselenggarakan di GOR Unhas. 

28 September 2022
Proses loading dan setting persiapan venue sudah mulai dilakukan sejak pagi. Penanggungjawab Honda DBL with KFC 2022 Seri Sulawesi Selatan pada hari yang sama diminta menemui perwakilan pengelola GOR Unhas. Disampaikan bahwa ada kemungkinan GOR tidak boleh dipakai untuk kegiatan apapun yang melibatkan siswa SMA.

29 September 2022
Penanggungjawab Honda DBL with KFC 2022 Seri Sulawesi Selatan beraudiensi dengan pengelola GOR Unhas dalam rangka koordinasi dan menyakinkan pihak pengelola GOR Unhas bahwa pihak penyelenggara siap mengantisipasi dan memiliki langkah-langkah preventif atas berbagai hal yang menjadi kekhawatiran.

30 September 2022
Pihak pengelola GOR Unhas memberi keputusan pada sore harinya, bahwa rekomendasi pemakaian harus dengan syarat yang memberatkan, yaitu tidak memperkenankan kehadiran penonton sama sekali sepanjang kegiatan Honda DBL with KFC 2022 Seri Sulawesi Selatan.

  RELATED ARTICLES
Comments (4)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY