ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Trapping untuk Menjebak Offender

Nadjandra Alya - 15 November 2022
belajar trapping

Dalam permainan bola basket, pick n roll digunakan oleh para pemain offender (roll man) untuk melindungi pembawa bola (ball handler) mencapai ring. Biasanya, roll man akan menjaga defender dan membuat ball handler bisa menekan ke arah ring. 

Para offender ini tidak bertarung sendirian karenan tentunya ada defender yang juga sedia untuk menjaga. Dalam penjagaan para Defender menggunakan Trapping atau jebakan. Guna dari trapping sendiri ialah untuk memecah Pick n Roll yang dilakukan oleh offender.

Saat ingin melakukan trapping, poin utamanya adalah komunikasi. Kalian harus janjian saat ingin melakukan trapping, entah itu di belakang lapangan atau saat mulai pertandingan kalian bisa menggunaka kode yang satu tim pahami agar trapping dapat terjadi. Ada dua jenis trapping yang dapat kamu dan anggota timmu terapkan. Berikut beberapa contohnya. 

Against Trapping

Ini adalah trapping yang umum dilakukan oleh para defender. Arahkan offender ke arah bigman.  Satu orang menjaga offender penyerang di depan dan satunya lagi menjaga kawan bigman dibelakang.

Ketika offender terkecoh dan mulai mendekat ke arah bigman baru defender di belakang maju ke depan untuk membantu defender lainnya menghalangi offender.

Disarankan melakukan trapping ini di area side line atau half court. Jika dilakukan di area tengah akan berbahaya karena offender masih mempunya banyak pilihan untuk passing.

Dan saat mengahalang offender di depan secara bersamaan tidak boleh ada rongga besar, harus dekat membentuk huruf v dan tangan terlentang. Tujuannnya untuk menghalangi defender melakukan passing.

Against Defender Switch

Sebenarnya trapping ini hampir sama dengan trapping sebelumnya yang menjadi pembeda ialah di mana pada trapping ini kedua defender melakukan switch.

Defender di belakang melakukan switch ke depan dan menghalau offender sedangkan offender di depan pindang ke belakang menghalangi bigman.

Tujuan dari trapping adalah untuk menghentikan offender mendekat ke arah ring bukan untuk menggagalkan shooting atau merebut bola.

Jadi semisal kalian sudah melakukan trapping tapi bola masih bisa di passing bukan berarti kalian gagal. Untuk video lengkap suapay lebih paham dapat dilihat di video Tricky Tricks satu ini.(*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY