ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

berbagai jenis pivot

Pivot merupakan salah satu teknik dalam permainan bola basket. Cara melakukan pivot sebenarnya cukup gampang – tentunya dengan Latihan yang rutin ya – . Karena yang perlu kamu lakukan ialah memutar tubuhmu dengan satu kaki sebagai porosnya. Pivot bukan termasuk defense, pivot itu untuk offense tapi tujuannya untuk defense atau protect bola. Inilah beberapa jenis pivot versi Tricky Tricks

Forward Pivot

Kamu bisa melakukan gerakan ini dengan memutar badan ke arah depan maupun ke belakang dengan posisi salah satu kaki di tengah sebagi porosnya. Ciri khas dari "Forward Pivot" adalah bagian tubuh depan seperti dada dan bahu lah yang keliahatan mencolok.

Misalkan kaki kira berada di depan tepat di tengah-tengah kuda-kuda defender. Sedangkan kaki kanan di belakang sebagai poros, putar setengah badan dengan menunjukkan dada terlebih dahulu sebagi benteng, maka kaki kirimu nanti akan berpindah ke belakang. Jangan lupa, bawalah bola selalu bersamamu dan posisinya harus di belakang bahu agar tidak mudah direbut oleh defender.

“Sebaiknya harus ada kontak, tapi jangan push, jangan mendorong, kalau mendorong jatuhnya offensive foul," kata coach Dimaz. Maksudnya, ketika melakukan pivot itu sebaiknya ada kontak dengan defender karena memang tujuan awal dari pivot ialah untuk memberi perlawanan dan melindungi bola. Percuma dong kalau pivot tapi gak ada apa-apa di depan, dikira main-main doang nanti, xixixi.

Reverse Pivot

Basic dari teknik ini masih sama, hanya saja yang mebedakan ialah saat memutar badan punggungnya yang pertama kali dihadapakan ke offender. Jika di "Forward Pivot" dada yang dipamerkan maka sekarang punggung yang dipamerkan.

Misal seperti tadi, kaki kiri di depan maka kaki kanan di belakang sebagai porosnya. Lalu saat memutar nanti angkat bola setinggi bahu agar tidak mudah direbut oleh defender. Ingat! Saat memutar pamerkanlah punggungmu terlebih dahulu.  

Nah bagaimana? Sudah jelas atau kurang jelas nih? Xixixi. Sebenarnya pivot ini boleh dilakukan dengan teknik apa saja, yang terpenting dilakukan saat ada defender yang menghalang. Ketika kamu di pressure oleh defender pastikan kamu membuat ruang dengan cara pivot ini. Biar lebih jelas jangan lupa saksikan video Tricky Tricks satu ini. (*)

 

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY