ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Enam poin yang dicetak Rhiko Virgo di sepanjang kuarter empat membuat SMAN 3 Sidoarjo memenangi laga keduanya.

SURABAYA-Pertandingan sengit terjadi antara SMAN 3 Sidoarjo melawan SMAN 8 Surabaya. Bahkan, kejar-kejaran skor terus terjadi hingga satu menit akhir pertandingan. Namun, berkat mental yang luar biasa, SMAN 3 Sidoarjo berhasil menangi pertandingan dengan skor tipis 22-20.

Sejak tip off berlangsung, jual beli serangan kerap terjadi antara kedua tim. Bahkan, skor seri 3-3 menghiasi papan skor di akhir kuarter pertama.

Kejar-kejaran skor pun kembali terjadi di kuarter kedua. Guard Abdul Aziz yang diturunkan di kuarter kedua berhasil sempat membuat pertahanan SMAN 3 Sidoarjo kewalahan. Namun, arsitek Drei -sebutan tim basket SMAN 3 Sidoarjo- A. Ferdiansyah berhasil meredam permainan lawannya. Skorpun kembali seri 8-8 di penghujung kuarter dua.

Memasuki kuarter ketiga, Coach Ferdiansyah menekankan anak-anaknya untuk bermain cepat. Pasalnya, jika melambat dan ikut tempo SMAN 8 Surabaya akan sangat berbahaya. Hal ini pun berbuah manis. Dibuka dengan tembakan Rhiko Virgo, Drei pun berbalik memimpin.

“SMAN 8 Surabaya memiliki karakter bermain yang pelan namun terus menusuk berbeda dengan Drei yang bermain cepat. Makanya, saya terus tekankan untuk tidakmengikuti tempo lawan,” ujar coach Ferdiansyah

Sempat tertinggal 8-13 di dua menit akhir kuarter tiga, Delapan -sebutan SMAN 8 Surabaya- berusaha bangkit. Dibuka dengan threepoint Helmy Huda, SMAN 8 Surabaya terus mengejar ketertinggalannya. Under ring yang dilesakkan forward Abel Halomoan Simanjutak mampu membuat selisih margin keduanya berkurang menjadi 13-16.

Sengitnya pertandingan makin terasa di kuarter empat. Teriakan para kedua supporter makin membuat atmosfer DBL Arena semakin panas. Sempat unggul 17-13, Drei justru kehilangan permainannya di kuarter ini. Beberapa kesalahan Drei terus dimanfaatkan Delapan untuk mengejar ketertinggalan.

Puncaknya, lay up terukur Muhammad Althaaf, forward Delapan sukses menyamakan kedudukan menjadi 17-17. Memontum ini pun digunakan coach Ferdiansyah guna menenangkan mental anaknya dengan melakukan time out.

Drei mampu kembali bangkit di dua menit akhir pertandingan. Dengan bermain cepat sesuai instruksi Coach Ferdiansyah, mereka kembali memimpin jalannya pertandingan.

Adalah Rhiko Virgo yang menjadi pahlawan bagi kemenangan timnya. Under ring yang ia lesakkan disusul dengan tiga poin melalui free throws mampu membuat Drei kembali unggul dan mengakhiri pertandingan dengan kemenangan.

Menurut asisten pelatih SMAN 3 Sidoarjo, Choirul Huda, ia akan menekankan anak asuhnya untuk tidak mengikuti tempo permainana lawan. Untuk melawan SMAN 1 Puri, Mojokerto mereka akan bermain lebih defensive serta tetap mempertahankan gaya permainan cepatnya.

“Mereka punya postur yang tinggi dan merata. Oleh karenanya akan berbahaya kalau kita sampai mengikuti ritme permainan mereka,” ujar Huda.

Kans SMAN 3 Sidoarjo menuju babak playoff sendiri sudah terbuka lebar. Mereka hanya perlu memenangi laga terakhirnya melawan SMAN 1 Puri, Mojokerto untuk menjadi juara grup. Sedangkan SMAN 8 Surabaya harus menjalani laga do or die untuk menentukan siapa yang berhak lolos ke babak playoff.

Statistik pertandingan selengkapnya bisa kamu baca di sini.

 

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY