ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

SMA SF Assisi Samarinda berhasil menggapai final Honda DBL with KFC 2022-2023 East Kalimantan Series pada Rabu, 1 Maret 2023. Pencapaian itu diraih setelah mereka mengalahkan SMAN 1 Balikpapan (Smansa) dengan hasil akhir 32-24.

Kemenangan ini sangat manis bagi para penggawa Assisi, sebab ini merupakan pertama kalinya mereka bisa menapai ke final DBL Samarinda. Keinginan mereka melaju ke partai akhir tampak kuat di laga ini.

Tim asuhan Tjendra Rudiyanto itu tampil dominan atas Smansa Balikpapan pada dua kuarter pertama. Pada dua kuarter berikutnya, Smansa Balikpapan mencoba bangkit dari ketertinggalan.

Assisi sempat mengalami kewalahan, meski begitu mereka berhasil keluar sebagai pemenang dan meraih satu tiket pertama di final. Tjendra menilai keadaan yang menimpa Assisi di dua kuarter terakhir disebabkan para pemain terbawa emosi atas ritme permainan Smansa Balikpapan.

Atmosfer Gelanggang Olahraga (GOR) Kadrie Oening yang ramai juga menyebabkan terkendalanya komunikasi tim di lapangan. Mengatasi situasi tersebut, Tjendra melakukan rotasi pemain dan berpesan kepada mereka untuk bermain lebih tenang.

"Dua kuarter terakhir anak-anak sempet panik karena kebawa ritme bermain lawan. GOR yang ramai juga membuat komunikasi dari saya ga terdengar oleh anak-anak. Saya mengakalinya dengan melakukan rotasi pemain dan menitipkan pesan kepada mereka untuk bermain lebih tenang," ucap Tjendra.

Berhasil mencapai ke final DBL Samarinda untuk pertama kali tidak hanya dirasakan oleh para srikandi Assisi, namun juga bagi Tjendra yang akhirnya bisa membawa tim sekolah mencapai tahap puncak. 

"Final ini merupakan kali pertama untuk anak-anak dan juga saya selama melatih tim sekolah. Saya bangga pada mereka karena merasa jerih payah mereka sudah tercapai," kata Tjendra.

Assisi masih harus menunggu pemenang laga antara SMKN 2 Balikpapan versus SMAN 3 Samarinda sebagai lawan mereka di final nanti. Tjendra berharap Aileen Felicia Goey tampil lebih tenang dan menerapkan bertahan yang lebih kuat.

Sang pelatih amat percaya diri dengan kekuatan tim yang ia asuh itu. Hal ini lantaran ia telah memantau seluruh tim yang bertarung di DBL Samarinda musim ini. Ia lalu membandingkan kekuatan Assisi dengan tim-tim lain sehingga ia yakin dengan kemampuan anak-anak asuhnya.

"Saya telah melakukan scouting ke tim-tim lain termasuk ke pemain-pemain bagus mereka. Saya yakin setelah melihat mereka (tim-tim lawan) kalau ini tahunnya untuk Assisi," pungkas sang pelatih. (MRS)

Statistik lengkap pertandingan ini bisa klik di sini atau cek halaman di bawah ini (pengguna Android bisa scroll dengan dobel tap)

Saksikan siaran ulang pertandingan ini melalui live stream di bawah

 

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY