ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

MAINMAIN

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Dari kiri ke kanan: Azrul Ananda (Founder and CEO DBL Indonesia), Sadam Asyurna (Honda DBL Allstar 2018), Nazhira Nadia (Honda DBL Allstar 2013), Erlan Perkasa (Timnas Fiba 3x3 U-18), Rivaldo Tandra Pangesthio (Honda DBL Allstar 2013, Timnas Fiba 3x3), Christie Apriyani Rumabi (Honda DBL Allstar 2013, Timnas 3x3 Asian Games 2018), dan Andy Wijaya (Deputy General Manager Marketing PT Astra Honda Motor) berfoto bersama saat Launching Honda DBL 2019 di CGV Rumah Kreasi, FX Sudirman, Jakarta pada Selasa (23/7).

JAKARTA Musim baru Honda Developmental Basketball League (DBL) 2019 segera dimulai. Liga basket pelajar terbesar di tanah air itu resmi di-launching di Rumah Kreasi, FX Sudirman, Jakarta, Selasa (23/7). Menariknya, musim ini DBL Indonesia menghadirkan tayangan pertandingan via livestream. Ada 100 laga dari Aceh sampai Papua yang bakal disiarkan langsung. Nontonnya bisa via website dbl.id atau aplikasi DBL Play.

Honda DBL 2019 bakal dimulai di Padang (seri Sumatera Barat), Samarinda (Kalimantan Timur), Banjarmasin (Kalimantan Selatan) dan terus berlanjut hingga nantinya mengunjungi 30 kota, 22 provinsi. CEO dan Founder DBL Indonesia Azrul Ananda mengatakan, hadirnya DBL Play merupakan bagian komitmen perusahaan untuk terus mengembangkan partisipasi anak muda di basket.

“Prinsip kami konsisten. Bila kami terus mengembangkan partisipasi, maka partisipasi akan membiayai prestasi. Dan DBL Play akan menjadi platform untuk memperluas partisipasi anak muda di DBL,” jelas Azrul dalam peluncuran Honda DBL 2019 di kawasan Senayan, Jakarta.

Tak hanya livestream pertandingan, DBL PLay juga menyajikan ribuan konten yang membahas 1.400 lebih pertandingan Honda DBL, dari Aceh sampai Papua. Konten-konten yang dihadirkan mulai berita pertandingan, feature para pemain dan tim sekolah. Ada pula kanal opini yang bisa diisi langsung oleh orang tua, pelatih, guru maupun pemain. 

“Honda DBL adalah panggung untuk anak Indonesia membuktikan kemampuan. DBL Play adalah panggung bagi mereka untuk berbagi se-Indonesia,” ujar Azrul Ananda.

Sekarang, siapapun bisa mengikuti langsung perkembangan basket di penjuru tanah air. Ada 100 livestream dari Aceh sampai Papua. Bagi yang ingin belajar teknik basket, semua dibahas dengan cara fun di DBL Play. Buat yang butuh konten hiburan, DBL Play punya program DBL Bajak Sekolah bersama Augie Fantinus.

“Setiap sekolah peserta, setiap pertandingan, pasti ada berita dan fotonya. Semua juga bisa berbagi pandangan lewat kolom opini. Semua bisa diakses dari genggaman ponsel,” kata Azrul.

Astra Honda Motor (AHM) selaku mitra utama penyelenggaraan liga ikut senang dengan peluncuran DBL Play. “Sudah lebih dari satu dekade Honda menjadi saksi perkembangan Honda DBL di seluruh Indonesia. Ada begitu banyak cerita positif, inspiratif, bagaimana anak muda Indonesia mengejar impian. Dan sekarang DBL Play akan bisa menjadi motor bagi cerita-cerita positif itu agar bisa menggerakkan anak-anak muda Indonesia yang lain mengejar impiannya,” ujar Andy Wijaya, Deputy General Manager PT. Astra Honda Motor.

Nantinya, Honda juga akan ikut berkontribusi menyajikan konten-konten yang menarik dan menginspirasi. “Honda senantiasa berbagi misi masa depan yang menginspirasi masyarakat Indonesia agar berani bermimpi, sehingga memberikan semangat untuk hidup lebih baik. Inilah semangat One Heart,” ujar Andi. “Seperti apa konten yang akan kami sajikan, tunggu notifikasinya muncul di DBL Play,” tambahnya.

Selain terus dekat dengan kebutuhan anak muda lewat aplikasi, DBL Indonesia juga memperluas partisipasi dengan melakukan roadshow ke lebih dari 750 sekolah. “Kami yakin bahwa anak muda sebagai pemimpin masa depan harus terus menjaga kesehatan. Lewat basket, kami ingin mengajak mereka bergerak dan olahraga dengan cara yang fun,” ujar Masany Audri, Direktur DBL Indonesia. “Tahun ini, kami berupaya bisa menjangkau lebih dari satu juta anak muda, lewat program roadshow berkonsep student athlete ini saja,” tambahnya.

Honda DBL memang terus mengembangkan konsep student athlete. Karenanya, liga ini melarang kerjasama dengan mitra dari rokok, minuman beralkohol, dan minuman energi. Tahun ini, selain Honda (AHM), DBL Indonesia juga bekerjasama dengan UBS Gold (PT Untung Bersama Sejahtera) melahirkan kompetisi dance terbesar di Indonesia. Juga dengan Toracafe (PT. Torabika Eka Semesta), Teh Botol Sosro (PT. Sinar Sosro), Honda mobil (PT. Honda Prospect Motor), serta official supplier Ultramilk (PT. Ultrajaya Milk Industri), Ardiles (PT. Wangta Agung), Proteam (PT. Inkor Bola Pacific), dan ViCee (PT. Darya Varia Laboratoria Tbk). 

 

Alumni DBL Indonesia Dominasi Seleksi Timnas Basket

Seperti ujaran Azrul Ananda bahwa partisipasi akan membiayai prestasi, pada 2019, pemain-pemain alumni liga-liga DBL Indonesia kembali mendominasi seleksi Timnas putra proyeksi SEA Games 2019 Filipina dan FIBA Asia Cup 2021 Qualifiers. Dari 54 pemain yang dipanggil, sebanyak 28 orang tercatat alumni. Begitu juga di Timnas putri yang saat ini tahapan seleksi telah mengerucut ke 15 pemain. Dari jumlah itu, 9 pemain adalah alumni liga di DBL Indonesia.

Salah satu alumni itu adalah Rivaldo Tandra Pangestio. Dia merupakan pemain Honda DBL All-Star 2012 dan 2013. Alumni SMA Santu Petrus Pontianak itu mengakui Honda DBL sangat berpengaruh besar untuk karir basketnya. "Saya sendiri dari kota kecil. Kita tahu kota kecil kurang dilihat. Namun berkat DBL saya membuktikan bisa berkiprah hingga level internasional," ujar pemain yang sempat menempati ranking satu di Indonesia FIBA 3X3 itu. 

Azrul Ananda (tujuh dari kiri) bersama para partner saat Launching Honda DBL 2019 di Rumah Kreasi, FX Sudirman, Jakarta.

 

Alumni DBL Indonesia di Seleksi Timnas Basket Putra:

 

Alumni DBL Indonesia di Seleksi Timnas Basket Putri:

 

 

  RELATED ARTICLES
Comments (0)