ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Air minum menjadi kebutuhan utama bagi tubuh seseorang. Bahkan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) merekomendasikan setiap individu untuk mengonsumsi air mineral hingga delapan gelas atau setara dengan dua liter di setiap harinya.

Terlebih bagi seseorang yang hobi berolahraga, maka wajib hukumnya untuk mengembalikan isi cairan yang telah dikeluarkan. Namun, sering kita dengar bahwa minum air dingin tidak baik untuk kesehatan fisik. Lantas bagaimana kebenarannya?

Dwi Handoko atau yang lebih akrab disapa coach Coco merupakan sebagai pemateri fisik dalam gelaran KFC DBL Camp 2023. Pelatih berusia 43 tahun itu kini berprofesi selaku Strength and Conditioning Coach di RJ Amartha Hangtuah.

Baca Juga: Punya Segudang Pengalaman, Coach Coco Siap Berikan Materi Terkait Fisik

Menurut penjelasannya, tidak masalah jika para atlet atau olahragawan mengonsumsi air dingin pasca berolahraga. Dengan catatan, para atlet harus memahami perbedaan antara air dingin dan air es. “Kalau bicara es itu suhunya di bawah empat derajat celsius. Tapi kalau air dingin itu suhunya 4-15 derajat celsius. Jadi bermasalah atau tidak jika minum air dingin?” tanya coach Coco.

“Banyak para ahli yang mengatakan kalau tidak bermasalah. Karena pada saat olahraga atau berlatih fisik, kita mengeluarkan keringat. Hal itu harus dikembalikan, mengingat lebih dari 60 persen tubuh kita berisi cairan. Kalau tidak terpenuhi, maka akan ada gangguan yang biasa disebut sebagai dehidrasi,” tambahnya.

“Kalau saya baca anjuran dokter, sebenarnya tidak masalah minum air dingin, karena ada keperluan untuk mengembalikan kebutuhan air pada tubuh. Biasanya orang yang habis berolahraga akan lebih segar jika minum air dingin. Kalau melihat dari segi positif itu sangat baik karena segera mengisi ulang cairan. Yang nggak boleh itu nggak minum atau minum air es,” tutupnya sambil tertawa.

Baca Juga: Seberapa Penting Pemanasan dan Pendinginan Bagi Tubuh? Begini Kata Coach Asep

Honda DBL with KFC 2022-2023 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia akan memilih student athlete berpotensi untuk diseleksi menjadi KFC Indonesia All-Star melalui KFC DBL Camp.

KFC DBL Camp 2023 akan dilangsungkan di DKI Jakarta untuk pertama kali. Pemusatan latihan basket pelajar terbesar se-Indonesia ini bakal dilaksanakan pada 8 hingga 14 Mei mendatang di GOR Soemantri Brodjonegoro dan Kota Kasablanka Mall.

Begitu banyak keseruan yang bakal kalian dapatkan secara cuma-cuma di gelaran KFC DBL Camp dan KFC DBL Festival 2023. Untuk informasi lebih lanjut jangan lupa pantengin terus sosial media DBL Indonesia karena pendaftaran akan dibuka dalam waktu dekat. (*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY