ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Honda DBL with KFC 2022-2023 telah berakhir. Bersamaan dengan diumumkannya KFC DBL Indonesia All-Star 2023. Kompetisi pun berhasil bergulir di 31 kota dan 23 provinsi di Indonesia. Seluruh student athlete telah memberikan performa maksimal untuk membela timnya berlaga di DBL musim ini.

Berakhirnya musim 2022-2023 pun menunjukkan bahwa musim baru akan segera bergulir. Pada jeda musim baru atau off season, tidak sedikit student athlete yang fokus untuk pemulihan otot serta fisik mereka. Terutama para student athlete yang sempat mengalami cedera lutut.

Diketahui bahwa cedera lutut menjadi penyakit yang paling banyak didera oleh student athlete DBL. Tak jarang juga mereka harus berakhir di ruang operasi lantaran cedera yang dideritanya. 

Nah, agar kalian bisa kembali berpartisipasi di DBL musim berikutnya, lakukan latihan ini untuk memperkuat otot lutut kamu!

Hamstring Curl

Cedera lutut adalah penyakit yang paling umum terjadi di kalangan student athlete. Efeknya, lutut menjadi nyeri dan bengkak sehingga tidak bisa dibengkokkan atau diluruskan serta ada rasa tidak nyaman ketika melangkah.

Hamstring curl cocok untuk kalian yang ingin memulihkan otot lutut kalian pasca cedera. Hamstring curl adalah latihan berat badan yang mengencangkan otot hamstring. Ini adalah latihan yang ideal untuk meningkatkan keseimbangan dan kekuatan kaki. Kalian bisa melakukan latihan ini sambil berdiri, duduk, atau dalam posisi rebah.

Cara melakukannya berdirilah dengan kaki selebar pinggul. Letakkan tangan kalian di pinggang atau di kursi untuk keseimbangan. Pindahkan berat badan kalian ke kaki kiri.
Tekuk lutut kanan secara perlahan, arahkan tumit ke arah bokong. Jaga agar paha kalian sejajar. Kemudian, turunkan kaki secara perlahan dan ulangi dengan kaki lainnya. Lakukan hamstring curl 12 hingga 15 repetisi.

Lunge

Latihan lain untuk menguatkan otot kalian adalah lunge. Kamu bisa memulainya dengan perlahan dan repetisi yang sedikit untuk mengawali latihan ini. Caranya, taruh satu kakimu ke belakang selebar mungkin lalu turunkan kaki depan hingga lutut kaki belakang hampir menyentuh lantai.

Pastikan punggungmu tetap tegak dan lutut kaki depanmu tidak melewati jari-jari kaki. Lakukan latihan ini dengan perlahan setiap harinya. Kamu bisa menambah repetisi pada sesi latihan berikutnya sehingga ototmu semakin kuat dan terlatih.

Heel Slide

Gerakan latihan yang paling mudah untuk dilakukan untuk melatih ototmu adalah heel slide. Kamu bisa melakukan latihan ini sambil rebahan, lho! Caranya mudah, kamu cukup merebahkan diri di lantai dan geser salah satu tumitmu mendekati bokong.

Pastikan lututmu membentuk sudut 90 derajat ketika kamu menggeser tumitmu. Lakukan latihan ini bergantian dengan kakimu yang lain. Latihan ini dapat kamu lakukan di pagi hari setelah bangun tidur dan sebelum kamu tidur di malam hari.

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY