ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Surabaya merupakan salah satu kota yang menjadi tumpuan basket terbesar di Indonesia. Terbukti begitu banyak fasilitas yang tersedia di Kota Pahlawan ini guna memberikan dukungan penuh untuk kemajuan komunitas basket di Surabaya.

Surabaya memiliki cukup banyak lapangan basket keren dan bersejarah. Mengingat beberapa club basket di Surabaya memang telah berdiri sejak lama. Seperti halnya Cahaya Lestari Surabaya (CLS) Knights yang telah berdiri sejak 1946.

Bertepatan dengan hari ulang tahun Surabaya yang ke-730, mari kita sedikit mengulas lima lapangan basket legendaris di Surabaya yang memiliki sejarah berkesan.

GOR CLS Kertajaya

sumber: Twitter @clsknights

Tidak bisa dipungkiri. Gelanggang Olahraga (GOR) CLS Kertajaya menjadi salah satu lapangan legendaris yang ada di Surabaya. Pada tahun 1990, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) wilayah Jawa Timur memberikan kepercayaan kepada pihak CLS untuk membangun GOR indoor bertaraf internasional.

Dari situlah awal mula terbentuknya GOR yang bertempat di tengah-tengah pemukiman Kertajaya tersebut. Tak sekadar menjadi tempat berkumpulnya anak muda Surabaya yang doyan bermain basket, hingga saat ini GOR CLS Kertajaya juga masih aktif digunakan untuk tempat berkompetisi.

GOR CLS Kertajaya bertempat di Kertajaya Indah Timur I No.1, Mulyorejo, Surabaya.

Lapangan Basket Arena 21

sumber: amazonaws.com

Lapangan Basket Arena 21 sudah menjadi tempat berkumpulnya para pemain basket sejak dulu. Selain menjadi tempat andalan untuk melampiaskan hobi, lapangan ini juga sering dijadikan sebagai venue turnamen basket di level nasional.

Banyak kenangan indah dan kisah seru yang terukir di sini. Lapangan Basket Arena 21 beralamat di Jl. Arief Rahman Hakim No. 16, Surabaya.

GOR Pacific Caesar Surabaya

sumber: mainbasket.com

Berbagai kompetisi bola basket bergengsi di tingkat regional hingga internasional kerap menjadikan GOR Pacific Caesar Surabaya sebagai tuan rumah. Ditambah sejarah panjang dan beragam membuat tempat ini begitu ikonik di Surabaya.

Sejarah tempat ini dimulai pada tahun 1970-an. Pada saat itu, bola basket mulai populer di Indonesia dan semakin banyak masyarakat yang tertarik dengan olahraga ini. Tepatnya saat olahraga basket mulai populer di Tanah Air.

Surabaya yang tergolong sebagai kota terbesar di Indonesia merasa tak mau tertinggal. GOR Pacific Caesar dibangun untuk memenuhi kebutuhan fasilitas olahraga yang memadai. Tempat ini beralmat di Raya Gading Pantai No.4, Mulyorejo, Surabaya.

DBL Arena

Warga Surabaya mana yang tidak tahu DBL Arena? Tempat yang beralamatkan di Jl. Ahmad Yani No. 114 Surabaya ini merupakan salah satu lapangan basket terbaik di Surabaya. Sesuai dengan namanya, awal mula DBL Arena dibangun untuk menunjang liga bola basket pelajar amatir yang populer di Indonesia, yakni Honda DBL.

DBL Arena telah menjadi ikon dalam dunia bola basket di Indonesia, terutama dalam pengembangan dan promosi bola basket di kalangan anak muda. Lapangan ini dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan pertandingan bola basket, dengan fasilitas dan desain yang memadai.

Secara keseluruhan, DBL Arena memiliki peran penting dalam sejarah pengembangan bola basket di Indonesia. Melalui kompetisi Honda DBL, banyak pemain basket muda yang mendapat kesempatan untuk berkembang dan meraih kesuksesan dalam dunia bola basket.

Lapangan Basket JPS Surabaya

sumber: googleusercontent.com

Bagi kalian yang bertempat tinggal di daerah Surabaya Selatan, pasti tidak asing dengan Lapangan Basket JPS Surabaya. Tempat ini punya sejarah panjang. Meski berada di tengah pemukiman padat, namun Lapangan Basket JPS Surabaya sempat dijadikan sebagai gelaran kompetisi basket bergengsi yang bertajuk LA Streetball.

Hingga saat ini, Lapangan Basket JPS Surabaya masih menjadi primadona bagi para pemain basket untuk bermain santai. Lapangan ini bertempat di Jl. Gayungsari VI No.23, Gayungan, Surabaya. (*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY