ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Timnas Basket Putri Indonesia mendapat promosi ke Divisi A, FIBA Women's Asia Cup (foto: FIBA)

Kabar gembira kembali datang dari Timnas Basket Putri Indonesia. Sabtu, 19 Agustus 2023, mereka dipastikan naik kasta FIBA Women's Asia Cup Divisi A. Setelah memetik kemenangan dari Iran (55-54) dan menjadi juara FIBA Women's Asia Cup Divisi B, di Nimibutr Stadium, Bangkok.

Tidak mudah bagi Indonesia mencapai juara ini. Iran selalu lebih unggul sejak kuarter pertama. Indonesia bisa menyusul di kuarter ketiga dan memimpin hingga 9 poin. Sayangnya, mereka harus kembali menerima tekanan dari Iran.

Empat tripoin di sisa 15 detik akhir pun tidak bisa dieksekusi dengan baik. Indonesia kehilangan momentum di waktu krusial. Kendati demikian, Indonesia bisa mempertahankan keunggulan satu poin hingga pertandingan berakhir. 

Indonesia finis sebagai pemimpin klasemen di FIBA Women's Asia Cup 2023 Divisi B. Mereka lolos fase grup dengan tiga kemenangan. Indonesia menumbangkan Iran dan mengalahkan Thailand di semifinal. Mereka kembali menjegal Iran kedua kalinya di final.

Baca juga: Raih Emas SEA Games 2023! Ada 8 Alumnus DBL di Timnas Basket Putri

Nama-nama pemain yang turut mengangkat derajat Timnas Basket Putri Indonesia sendiri sebetulnya tidak asing lagi di kalangan pebasket muda. Khususnya mereka yang pernah atau sedang berlaga di Indonesia.

Sembilan dari total 12 pemain Timnas Basket Putri Indonesia merupakan lulusan DBL atau Alumni DBL. Mereka adalah Yuni Anggraeni, Kadek Pratita Cita Dewi, Agusting Gradita Retong, Nathani Claresta, Henny Sutjiono, Dyah Lestari, Faizatus Shoimah, Dewa Made Ayu Sriartha, dan Jesslyn Angelique Wijaya.

Tujuh di antaranya merupakan bagian dari DBL Indonesia All-Star. Tidak hanya itu, salah satu dari mereka pun pernah menjadi interpreter di KFC DBL Camp 2023. Dia adalah Faizatus Shoimah.

FIBA Women’s Asia Cup sendiri membagi dua divisi sejak edisi 1990. Indonesia menggantikan posisi Taiwan yang degradasi dari Divisi A setelah finis di posisi buncit di FIBA Women's Asia Cup 2023.

Pencapaian ini sekaligus menggandakan momen terbaik untuk Timnas Basket Putri Indonesia. Sebelumnya, mereka juga berhasil mengukir sejarah dengan meraih medali emas pertama di SEA Games 2023 di Kamboja. (*)

Daftar Alumni DBL di FIBA Women's Asia Cup 2023

1. Yuni Anggraeni
SMA Tri Tunggal Semarang (DBL Indonesia Allstar 2010)

2. Kadek Pratita Cita Dewi
SMAN 1 Denpasar (DBL Indonesia Allstar 2011 & 2012)

3. Agustin Gradita Retong
SMAN 1 Sekayu (DBL Indonesia Allstar 2011)

4. Nathani Claresta
SMK Unggul Sakti (Best Players DBL 3x3 National Camp 2017)

5. Henny Sutjiono
SMA Frateran Surabaya (DBL Indonesia Allstar 2010)

6. Dyah Lestari
SMA Tri Tunggal Semarang (Champion DBL 3x3 National Competition 2014)

7. Faizatus Shoimah
SMAN 8 Malang (DBL Indonesia Allstar 2017 & 2018)

8. Dewa Made Ayu Sriartha
SMAN 1 Gianyar (DBL Indonesia Allstar 2014 & 2015)

9. Jesslyn Angelique Wijaya
UPH College Tangerang (DBL Indonesia Allstar 2019)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY