ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

ARIYA KURNIAWAN/LOC FIBA WORLD CUP 2023

Siapa nih yang belum pernah ke Indonesia Arena? Buat kalian yang belum pernah nonton langsung pertandingan basket maupun konser di Indonesia Arena, artikel berikut ini akan memberikan panduan ke sana. Berikut 5 cara menuju Indonesia Arena.

Indonesia Arena selama ini punya nama panjang Indoor Multifunction Stadium (IMS) Indonesia Arena. IMS Indonesia Arena ini berlokasi di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta.

Indonesia Arena diresmikan Presiden Joko Widodo pada 7 Agustus 2023. Saat peresmian Jokowi mengatakan, pembangunan Indonesia Arena menelan biaya hingga Rp 640 miliar. Pembangunannya dilakukan dalam jangka waktu satu tahun.

Untuk menuju ke sana banyak moda transportasi yang bisa kalian gunakan. Apalagi moda transportasi umum di Jakarta saat ini sudah saling terkoneksi. 

Baca juga: Menpora Buka Pintu Indonesia Arena untuk Kompetisi DBL

Lokasi Indonesia Arena

Kalian pasti sudah mendengar jika Indonesia Arena ada di kompleks Gelora Bung Karno kan? Yes betul! Tapi, di sebelah mana?

Indoor Multifunction Stadium (IMS) Indonesia Arena Indonesia Arena terletak di Blok 10 Kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Senayan. Tepatnya di antara Lapangan Panahan dan Hall Basket.

Tahu gak kalian bahwa Indonesia Arena dibangun di atas lahan yang dulunya lapangan helikopter di dalam kompleks Gelora Bung Karno.

Untuk bisa langsung menuju Indonesia Arena, kalian baiknya masuk lewat dari Pintu 10 GBK. Pintu 10 GBK dapat diakses melalui Jalan Gerbang Pemuda, Jakarta Pusat.

Baca Juga: Indonesia Arena: Stadion Indoor Baru Kebanggaan Indonesia

Pilihan Transportasi Menuju Indonesia Arena 

Ada banyak pilihan transportasi menuju Indonesia Arena. Pada prinsipnya, dari mana pun kalian berangkat, salah satu patokan tujuan pemberhetian transportasi publik menuju Indonesia Arena adalah menuju Jalan Gerbang Pemuda.

Berikut adalah pilihan transportasi menuju Indonesia Arena dengan menggunakan sejumlah moda. 

1. TransJakarta

Salah satu pilihan transportasi menuju Indonesia Arena di kompleks GBK adalah dengan TransJakarta. Berikut rute TransJakarta yang bisa dimanfaatkan untuk menuju GBK.

a). TransJakarta koridor 1 Blok M-Kota, turun di Halte GBK.

b). TransJakarta koridor 3F Kalideres-GBK, turun di Halte GBK.

c). TransJakarta koridor 7 Kampung Rambutan-Kampung Melayu. Kalian bisa turun di Halte Busway Cawang UKI. Lalu naik koridor 9C Pinang Ranti-Senayan. Jangan lupa turun di Halte GBK.

d). Naik TransJakarta koridor 9 (Pluit-Pinang Ranti), lalu transit di Kuningan Barat. Lanjutkan perjalanan kalian dengan naik koridor 9C (Pinang Ranti-Senayan). Jangan lupa turun di Halte GBK.

e). Naik Transjakarta koridor 12 (Tanjung Priuk-Pluit), turun di Halte Transjakarta Kota. Lalu, naik koridor 1 (Kota-Blok M) turun di Halte GBK.

2. MRT

Bukan cuma dengan TransJakarta, jika kalian ingin ke Indonesia Arena menggunakan MRT, caranya juga sangat mudah.

Perjalanan kalian dengan MRT tentu tak membutuhkan waktu lama di perjalanan. Kalian bisa cepat sampai di tujuan.

Cara menuju Indonesia Arena dengan MRT cukup mudah. Kalian tinggal turun di Stasiun Istora Mandiri.

Setelah itu, kalian bisa berjalan kaki, sekitar 400 meter. Tak akan terasa, apalagi jika jalan kakinya bareng-bareng teman satu sekolah.

Selain MRT, KRL Commuter Line juga bisa menjadi pilihan menuju Indonesia Arena di kompleks GBK.

Dikutip dari situs resmi GBK, ada beberapa cara menuju Indonesia Arena yang ada di kompleks GBK dengan menggunakan KRL Commuter Line.

a. Menuju Indonesia Arena dengan KRL dari Stasiun Jakarta Kota

Kalian bisa naik KRL dari Stasiun Jakarta Kota menuju Stasiun Manggarai. Lanjutkan perjalanan kalian ke Stasiun Tanah Abang.

Sesampainya di Stasiun Tanah Abang, naik kereta ke Stasiun Palmerah. Setelah sampai di Stasiun Palmerah udah deket aja nih. Jangan lupa turun di Stasiun Palmerah.

Dari Stasiun Palmerah kalian bisa lanjut naik transportasi motor online atau ojek pangkalan. Tapi bisa juga jalan kaki dengan jarak kurang lebih 2,1 km atau sekitar 6 menit.

b. Menuju Indonesia Arena dengan KRL dari Stasiun Bogor

Naik KRL menuju Stasiun Manggarai. Lanjutkan perjalananmu ke Stasiun Tanah Abang.

Sesampainya di Stasiun Tanah Abang, naik kereta ke Stasiun Palmerah. Sama seperti cara di atas, kalian bisa melanjutkan perjalanan dengan ojek online atau jalan kaki.

c. Menuju Indonesia Arena dengan KRL dari Stasiun Bekasi

Naik KRL dari Stasiun Bekasi menuju Stasiun Manggarai, kemudian lanjutkan perjalanan ke Stasiun Tanah Abang. Lalu lanjutkan dari Stasiun Tanah Abang menuju Stasiun Palmerah.

d. Menuju Indonesia Arena dengan KRL dari Stasiun Tangerang

Bagi kalian yang datang dari Stasiun Tangerang, harus transit di Stasiun Duri. Lalu lanjutkan dengan kereta menuju Stasiun Manggarai.

Dari sana, kalian bisa naik KRL ke ke Stasiun Tanah Abang. Dan tentu lanjutkan perjalanan menuju Stasiun Palmerah.

Baca juga: Fasilitas Indonesia Arena: Lengkap, Canggih, dan Berstandar FIBA

4. Ojek Online

Menuju Indonesia Arena dengan Ojek Online tentu salah satu cara termudah. Tanpa perlu berganti moda. 

Namun tentu dari sisi biaya akan lebih mahal dibanding jika kalian menggunakan transportasi massal. 

Untuk menggunakan ojek online tentu kalian hanya perlu menentukan titik tujuan. Jangan lupa, pilih Pintu 10. 

Eits, jangan lupa juga cari promo yang tersedia. Siapa tahu ada harga khusus yang bisa kalian dapat dengan memasukkan kode promo. 

5. Kendaraan Pribadi

Selain dengan transportasi publik, kalian tentu bisa datang ke Indonesia Arena dengan kendaraan pribadi.

Namun yang perlu kalian perhatikan, terutama di jam dan hari tertentu adalah plat kendaraan kalian. Pastikan kalian menuju Indonesia Arena dengan aman melintasi jalur ganjil dan genap.

Sebab lokasi kompleks GBK jika ditempuh dari beberapa lokasi dipastikan melewati jalur protokol yang menerapkan aturan plat nomor ganjil genap untuk mobil di jam tertentu.

Pastikan lagi, kalian mencari lokasi parkir di kompleks GBK yang tak terlalu jauh dari Indonesia Arena.

Tempat Parkir Kendaraan Pribadi 

Pada momen tertentu, mencari lokasi parkir di kompleks GBK bukan perkara mudah. Untuk itu kalian harus benar-benar jeli memilih lokasi parkir yang tak jauh dari titik yang kalian datangi. Dalam hal ini tentu Stadion Indoor Indonesia Arena.

Ada beberapa tips menggunakan area parkir yang berada di luar kawasan GBK jika parkir di dalam kompleks GBK sudah padat.

Senayan Park (SPARK)

Kalian tentu tahu dong, Senayan Park atau SPARK adalah pusat perbelanjaan yang paling dekat dengan kawasan GBK.

Lokasi parkir SPARK bisa menjadi pilihan memarkirkan kendaraan jika ingin masuk ke kawasan GBK. Termasuk jika harus ke Indonesia Arena.

Dari pusat perbelanjaan ini, kalian dapat masuk melalui pintu 10. Selain mobil, masyarakat yang membawa motor juga dapat memarkirkan kendaraannya di tempat yang buka sampai pukul 22.00 WIB pada Jumat – Sabtu.

FX Sudirman

Kalian juga dapat memanfaatkan fasilitas parkir yang pusat perbelanjaan FX Sudirman. Letaknya juga sangat dekat ke kawasan GBK.

Dari FX Sudirman, kalian bisa masuk ke area Glora Bung Karno melalui pintu 5. Agak jauh sih kalau mau ke Indonesia Arena. Tapi siapa tahu Anda ingin cari makan dulu di FX Sudirman.

Selain motor, tempat perbelanjaan ini juga memiliki parkir untuk mobil.

Hotel Century Park

Selain mal, ada parkiran Hotel Century Park yang bisa kalian manfaatkan.

Hotel Century Park ini tidak jauh dari pusat perbelanjaan FX Sudirman. Letak parkiran Hotel Century Park berada di belakang hotel, yakni di Jalan Manila.

Kalian hanya perlu belok kiri ketika sedikit saat melewati FX Sudirman ketika berada di Jalan Pintu Senayan. Dari tempat ini, kalian dapat masuk ke kawasan GBK melalui pintu 5.

Plaza Senayan

Tempat lainnya yang dapat menjadi parkiran bagi kendaraan pribadi adalah Plaza Senayan. Letaknya tidak jauh begitu jauh dari kawasan GBK.

Plaza Senayan memiliki fasilitas parkir untuk kendaraan roda dua dan empat.  Memang parkir di Plaza Senayan mungkin perlu berjalan sedikit lebih jauh jika dibandingkan dari SPARK, FX Sudirman, atau Hotel Century Park.

Senayan City

Pusat perbelanjaan Senayan City tidak terlalu jauh dari kompleks GBK. Kalian bisa memarkirkan mobil atau motor di parkiran yang disediakan. Slot parkirnya cukup luas dan banyak.

Dari Senayan City kalian bisa berjalan kaki menunju kawasan GBK. Pilihan terakhir ini sedikit lebih jauh jika dibandingkan dengan Hotel Century, FX Sudirman, SPARK, dan Plaza Senayan.(*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY