ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Profil Kopi Good Day DBL Indonesia All-Star 2024

Biak Mendobrak (2): Sempat Dilarang Papa, Bola Latihan Diganti Kelapa

Rena Dwi Astuti - 09 May 2024
Jacob Marthen Swandiwe Rumbino saat pengumuman Top 24 Campers di Kopi Good Day DBL Camp 2024

Akhirnya ada wakil dari Papua di deretan pemain DBL Indonesia All-Star. Setelah lima tahun ke belakang Papua harus absen mengirim pemain dari skuad elite ini.

Jacob Marthen Swandiwe Rumbino adalah pemain itu. Terhitung setelah 2019 lalu, tidak ada satupun pemain dari Papua yang sukses melaju hingga All-Star.

Keberhasilan Jacob sendiri hingga menjadi Kopi Good Day DBL Indonesia All-Star 2024 tidak lah mudah. Jacob harus berjuang mati-matian untuk mencapai titik ini.

Baca Juga: Biak Mendobrak (1): Cuma Ingin Serap Banyak Ilmu, eh Bisa Tembus All-Star

Terjun ke Basket

Jacob mulai terjun di olahraga bola basket sejak dirinya duduk di kelas 10. Sebelumnya, dia gemar berolahraga sepak bola.

Awal perjalanannya di basket pun tidak mulus. Jacob harus latihan sembunyi-sembunyi dari Papanya.

“Awalnya Papa tidak setuju. Karena dua Kakakku dulu sempat main basket, tapi berhenti setelah dia lulus. Ibaratnya, Papa merasa tidak ada masa depan di basket,” ungkapnya.

Saat itu, temannya mengajak Jacob untuk ikut latihan basket. Walaupun tidak diizinkan oleh Papanya, Jacob tetap pergi latihan. Pasalnya, ia dan kawannya ingin membawa timnya bertanding di DBL Papua.

Sebelum ia melantai pertama kali di DBL Papua, Jacob dan tim SMA YPK 2 Biak banyak mengikuti kompetisi antarsekolah. Hanya saja, saat itu Jacob minim menit bermain.

“Saya dijadikan cadangan saja waktu itu. Nah, dari situ saya mulai latihan keras sekali. Supaya bisa ikut DBL dan main. Soalnya, saya merasa ingin berkontribusi untuk tim,” ujarnya.

Baca Juga: Kaleidoskop: Jarak 700km Bukan Penghalang Ukir Prestasi di DBL Papua!

Perjuangan di Tengah Keterbatasan

Kemenangan pertama tim SMA YPK 2 Biak di kompetisi antarsekolah berhasil membakar motivasi Jacob untuk menjadi pemain terbaik di timnya. Ia kemudian menambah jam latihannya.

Namun, keterbatasan fasilitas membuat Jacob harus putar otak agar tetap bisa latihan. Saat itu, Jacob latihan menggunakan kelapa untuk menggantikan bola basket.

“Karena bola basket di sekolah cuma ada satu. Jadi saya pakai kelapa buat shooting, sebelum jadwal latihan mulai,” ujarnya.

Jadwal latihan tim sendiri dimulai pukul 3 sore. Sementara Jacob mulai latihan sendiri pukul 12 siang, tepat ketika jam pulang sekolah.

Selain keterbatasan bola basket, lapangan dan ring di sekolahnya pun tidak cukup memadai. Banyak lubang dan mulai keropos.

Meski demikian, di tengah keterbatasan itu, Jacob tetap disiplin latihan. “Tidak ada proses yang mengkhianati hasil,” tegasnya.

Baca Juga: Sangar! Ini Kopi Good Day First Team Putra 2023 DBL Papua

Kemenangan Pertama di DBL Papua

Alasan utama Jacob latihan keras adalah untuk mengikuti DBL. Apalagi, DBL dianggap sebagai kompetisi paling bergengsi di Papua untuk level SMA.

Latihan yang ia lakukan ditambah jam terbang yang cukup banyak dengan kompetisi antarsekolah, Jacob dan tim akhirnya memutuskan untuk mengikuti DBL Papua 2022-2023. Saat itu, gelaran DBL Papua 2022-2023 sendiri sempat mengalami beberapa kendala lantaran gempa bumi berkekuatan M 5,4 mengguncang Jayapura pada 9 Februari 2023.

Demi keamanan dan keselamatan peserta, DBL Papua yang semula direncanakan digelar di GOR Waringin harus dipindah di GOR Trikora, Jayapura.

DBL Papua 2022-2023 melaksanakan opening party pada 13 Maret 2023. Tim SMA YPK 2 Biak jadi salah satu tim yang berlaga di hari pertama, melawan SMA YPPK Asisi Sentani.

Di tengah segala keterbatasan itu, YPK 2 Biak sukses mengamankan kemenangan pertama mereka dengan skor meyakinkan. Hebatnya, Jacob berhasil jadi pencetak angka terbanyak dengan 20 poin.

Jacob juga berhasil membawa YPK 2 Biak menang di laga-laga selanjutnya. Dia jadi pemain kunci YPK 2 Biak. Di momen itu pula, dia terpilih menjadi First Team DBL Papua. Pertama kalinya Jacob mencicipi DBL Camp.

“Waktu sa gagal di DBL Camp pertama itu, sa pulang langsung ngobrol dengan kawan. Sa harus bisa ikut DBL Camp lagi tahun depan,” tukas Jacob.

Jacob merupakan student athlete yang berlaga di Honda DBL with Kopi Good Day 2024 Papua Series (DBL Papua).

DBL Papua merupakan salah satu series Honda DBL with Kopi Good Day 2023-2024 yang digelar di 30 kota dan 22 provinsi se-Indonesia.

Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2023-2024 juga menampilkan Pond's Men 3X3 Competition. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2023-2024 disiarkan live di channel YouTube DBL Play. (*)

Ikuti cerita Jacob Marthen Swandiwe Rumbino edisi ketiga, tunggu notifikasinya di DBL Play.

Ketinggalan baca cerita Jacob Rumbino? Nih edisi-edisi yang lain:

Biak Mendobrak (1): Cuma Ingin Serap Banyak Ilmu, eh Bisa Tembus All-Star

Biak Mendobrak (3): Jerih Payah Jualan di Pantai Demi Bisa Tampil di Jayapura

Profil Jacob Marthen Swandiwe Rumbino di Kopi Good Day DBL Indonesia All-Star 2024 (double tap untuk melakukan scroll atau klik link di sini)

Profil Jacob Marthen Swandiwe Rumbino selama mengikuti kompetisi DBL musim 2022 (double tap untuk melakukan scroll atau klik link di sini)

Profil Jacob Marthen Swandiwe Rumbino selama mengikuti kompetisi DBL musim 2023 (double tap untuk melakukan scroll atau klik link di sini)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY