ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Siapa sih yang nggak tahu Evangeline Clarissa? Ia menjadi salah satu pemain yang punya performa impresif selama Honda DBL with Kopi Good Day 2023 DKI Jakarta Series - South Region. Tahun lalu, ia memperkuat SMA Highscope Indonesia - TB. Simatupang melawan SMAN 6 Jakarta, SMA Pangudi Luhur Jakarta, dan SMAN 26 Jakarta. 

Clara juga memperkuat DBL Indonesia All-Star 2023 sampai memenangkan kompetisi junior ternama di Chicago, yakni Chicago Summer Jam.

Kini, Clara -sapaan karib Evangeline Clarissa- sedang melanjutkan studi dan kariernya di Amerika Serikat (AS), tepatnya Shoreline Community College di Seattle, Washington. Di sana, Clara melanjutkan pendidikan dan karier basketnya. 

Setelah beberapa bulan diketahui tinggal di AS, Clara memperkuat Timnas Indonesia U-18. Terbaru, ia diketahui akan menjadi bagian Timnas Indonesia U-18 untuk FIBA U-18 Women Asia's Cup 2024, yang digelar di Shenzhen, Tiongkok pada 24-30 Juni mendatang. Untuk itu, Clara sedang berada di Surabaya bersama timnya untuk melakukan pemusatan latihan. 

Baca Juga: Kata Coach Bisma tentang TC Pertama DBL All-Star: Fokus Team Bounding!

Dalam waktu yang sama, Kopi Good Day DBL Indonesia All-Star 2024 juga menggelar scrimmage game melawan Timnas U-18 sebagai pemusatan latihan, pada Kamis, 13 Juni 2024 di DBL Academy Pakuwon Mall. Yang salah satu rosternya adalah Clara. 

Datang ke DBL Academy Pakuwon Mall, Clara membawa banyak cerita. Ia berbagi kisah selama berada di Seattle. Nah, kali ini, DBL Play akan membahas Q and A dengan Clara! Berikut obrolan singkat DBL Play dengan Clara. 

Hai Clara, gimana kabarnya? 

Baik, banget. Sudah ready buat scrimmage game. 

Clara, kesibukannya terakhir apa?

Aku di Surabaya lagi pemusatan latihan untuk pertandingan FIBA U-18 Women Asia's Cup 2024 di Tiongkok. Jadi suatu kesempatan banget bisa ikut scrimmage game bareng Timnas Indonesia U-18 dan ketemu DBL All-Star 2024. 

Baca Juga: Pertama Kali Latihan di DBL Academy, Jacob Marthen: Bagus Sekali!

Kangen nggak sih bisa kembali ke DBL Academy, yang mana vibes-nya sangat DBL, liga yang kamu dulu juga mengukir prestasi di sana?

Kangen sih, tapi di situasi ini aku juga bersyukur ya mungkin karena bisa ngelawan beberapa anak yang juga masuk di tim tahun lalu dengan jersey yang berbeda. Menurutku kesempatan yang bagus (bisa scrimmage game). 

Apa sih yang kamu rindukan dari DBL?

Moments-nya sih, moments yang harusnya kita alami satu tim. Misalnya sewaktu All-Star 2023, memangnya kapan lagi, ke luar negeri sejauh itu bisa dengan teman-teman? Ngelakuin the same activity that you all were gathered together, moments itu wow banget. 

Ngomong-ngomong soal basket, gimana basket di Amerika?

Menurutku sih it's an opportunity, yang aku dapat (di Amerika Serikat) berharga banget. Karena nggak semua hal dapaet pengalaman itu. Terus aku tuh belajar banyak hal juga dari AS, aku juga dapat environment baru, terus kek kehidupan yang baru, 360 derajat.

Emang apa hal yang wow banget soal basket yang kamu temuin di AS?

Kalo menurut aku, basket di AS itu melihat langit di atas langit sih, dan beda banget sama indonesia. Kayak... kalau Indonesia ada pemain menang di atas 20 poin, its not "something." Tapi kalau di AS sudah pasti dia jago banget. 

Orang jago basket di AS itu banyak banget. Kalau misalnya di Indonesia banyak pemain yang kadang tekniknya itu kurang. Tapi kalau di sana itu jangan ditanya lah. 

Apa hal paling bikin culture shock soal basket AS?

Kalau basket di AS itu.. big man-nya itu rata-rata cepet bisa dribble, bisa shooting, banyak hal yang harus mereka bisa. Tapi kalau di Indonesia, banyak coaches yang mempercayai kalau big man tuh nggak boleh dribble. Di Amerika itu nggak kayak gitu, kalau big man biasanya juga jago dribble. 

Baca Juga: Jalani Pemusatan Latihan Pertama bersama DBL All-Star, Evan Roos: Seru Sekali!

Nah, kalau soal basket di Chicago apa yang menarik? 

Hmmm... mereka kan pastinya bakal berkompetisi di sana ya, pokoknya nanti kalau pas di Chicago, venue yg tempat kalian tanding, gede banget, di luar ekspektasi banget. Jadi aku berharap kalian look forward to it. 

Ok Clara, itu tadi pertanyaan terakhirku. Terima kasih atas waktunya karena sudah mau diwawancara. Sukses terus, Clara!

Ok, thank you juga!  (*)

Pemusatan latihan merupakan agenda rutin yang digelar oleh DBL Indonesia sebelum skuad DBL Indonesia All-Star 2024 sebelum keberangkatan ke Amerika Serikat nanti. Seluruh kabar rangkaian pemusatan latihan bisa kamu ikuti di DBL Play. (*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY