DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

MAINMAIN

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Permainan basket saat ini tak hanya mengandalkan kepintaran dan kecepatan saja. Satu hal penting yang juga harus diperhatikan para pemain basket adalah tentang kekuatan tubuh.

Dengan kekuatan tubuh, pemain basket bisa menjaga penguasaan bola atau memenangkan kontak fisik dengan sang lawan. Yuk simak lima cara mudah untuk menaikan kekuatan tubuh.

Front squad

Seorang atlet harus punya tumpuan yang kuat. Dalam artian, kaki yang digunakan sebagai pijakan pun harus kuat untuk menopang tubuh. Latihan dengan menahan beban ini sudah teruji dan menjadikan salah satu cara untuk mengembangkan kekuatan tubuh para pemain basket.

Caranya: Berdiri tegak dengan posisi kaki selebar bahu dan kaki mengarah ke luar. Sandarkan barbel di atas dada. Gunakan genggaman overhand untuk memegang kuat palang dengan jari. Trisep akan tetap sejajar dengan lantai untuk menopang bobot palang.

Turunkan posisi pinggul secara perlahan hingga paha berada sejajar dengan lantai. Berhenti sejenak pada posisi terendah saat berjongkok. Lalu gerakkan pinggul kembali ke posisi awal dengan cepat.

 

High Pull

Latihan khusus ini melibatkan pinggul, lutut dan pergelangan kaki. Tiga persendian utama itu dilatih sedemikian rupa agar bisa membuat lompatan yang tinggi dan tumpuan kuat.

Caranya: Atur posisi kaki terbuka selebar bahu dan berdiri agar tulang kering kaki berada 5 cm dari barbel. Dorong pinggul ke belakang dan tekuk lutut sambil memegang barbell dengan genggaman overhand.

Berdiri tegak dengan gerakan mengentak dan angkat bahu untuk menarik barbell setinggi mungkin sebelum menurunkan tubuh secara perlahan kembali ke posisi.

 

Chin-up

Chin-Up ini punya tujuan untuk memperkuat otot-otot di punggung atas dan bisep. Hal itu dibutuhkan untuk melakukan rebound atau berduel saat under ring. Latihan ini hampir sama dengan Pull-up. Namun bedanya Chin-up ini terletak pada posisi tangan yang menghadap ke wajah dan mengangkat tubuh hingga dagu melebihi tumpuan.

Caranya: Pegang tumpuan dengan telapak tangan menghadap ke badan dan jarak antara kedua tangan selebar bahu. Biarkan kedua lengan tergantung dalam posisi lurus sepenuhnya.

Tetap jaga posisi bahu tetap di bawah dan jauh dari telinga. Tarik badan ke atas hingga dada menyentuh salah satu tangan. Berhenti sebentar, lalu turunkan badan secara perlahan kembali ke posisi awal.

 

Power Lunge

Power Lunge melatih pemain basket untuk bisa melakukan lompatan yang kuat. Sehingga Anda bisa dengan cepat melakukan rebound.

Caranya: Berdirilah dengan kaki selebar pinggul. Terjang ke belakang dengan kaki kanan, tekuk kedua lutut 90 derajat. Luruskan kaki kiri dan lompat ke udara sambil mengemudi lutut kanan di depan tubuh. Segera turunkan kaki kanan kembali posisi awal.

Jump Squat

Jump squat ini memang terlihat sederhana, latihan ini punya banyak manfaat untuk tubuh. para atlet memanfaatkan  jump squat untuk latihan kelincahan dan kekuatan, terutama di bagian kaki dan persendian. Metode ini punya menitikberatkan pada kemampuan tumpuan kaki. Jadi gerakan ini bermanfaat untuk meningkatkan refleks peregangan pada kaki.

Caranya: Berdiri dengan kaki dibuka lebar. Kedua tangan diletakkan di belakang kepala dengan siku menghadap luar. Tekuk lutut hingga paha sejajar dengan lantai.

Angkat tubuh dan loncat setinggi yang Anda bisa dengan mendorong ujung kaki ke lantai. Mendaratlah secara perlahan dengan posisi jongkok. Lakukan berulang secara bertahap sesuai dengan kemampuan Anda.(*)

Gak ada rencana jalan-jalan keluar rumah? Baca-baca aja informasi terbaru di mainmain.id  

- Menemukan Pemain Nge-Cheat di PUBG? Laporkan Lewat Ban Pan

- BTS Jadi Grup Pertama yang Borong Semua Daesang, Ini Daftar Pemenang MMA

- Nyalakan Mode Supercharged XP di Fortnite Tiap Sabtu dan Minggu

- 5 Film yang Wajib Kalian Tonton pada Desember ini

Lagu-Lagu Bertema Desember ini Mungkin Menarik Masuk Playlistmu

- Keren! Tekan Kriminalitas Anak, Gereja Tua ini Jadi Ring Tinju

- Barang Bekas Syuting Star Wars Dilelang, Ada Helm Imperial Stormtrooper Loh!

  RELATED ARTICLES
Comments (0)