ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Selain strategi, hasil akhir dalam sebuah pertandingan basket pun bisa ditentukan lewat kekuatan mental tim. Persiapan mental yang tepat akan membuat kalian lebih percaya diri meskipun menghadapi lawan yang punya kekuatan lebih unggul.

Kekuatan mental juga bisa membantu sebuah tim untuk bisa membaca permainan lawan, pengambilan keputusan yang cepat dan tepat. Oleh karena itu sebelum memulai pertandingan, baiknya kalian mempersiapkan cara berikut ini untuk membuat mental kalian kuat selama pertandingan.

­

 

Mendengarkan Musik

Cara ini lazim dilakukan oleh seorang atlet. Tujuannya agar membuat mereka rileks sebelum menjalani sebuah pertandingan. Beberapa studi juga menyebutkan bahwa musik ini bisa menentukan seperti apa seorang atlet ini menjalani pertadingan.

Jika musik dengan tempo rendah maka atlet itu lebih cenderung bermain tenang dan lebih terkendali. Namun sebaliknya jika musik dengan tempo tinggi yang dipillih, maka ia akan lebih bersemangat dan aktif saat dalam pertandingan. Jadi segera buat playlist di ponsel masing-masing yang bisa mencerminkan bagaimana kalian selama bertanding.

 

Membaca Buku

Mungkin ini adalah cara yang paling membosankan. Namun tidak bagi sebagian atlet. Sebab dengan membaca buku, pikiran kalian akan teralihkan sehingga tak akan terbawa suasana pertandingan yang belum terjadi.

Beberapa pemain sering tertekan oleh pikirannya sendiri saat sebelum pertandingan. Mayoritas mereka memikirkan tentang hal utopis, sehingga membuat mereka jadi gelisah. Jadi membaca buku sebelum pertandingan ini bagus untuk mengalihkan pikiran negatif menjelang laga.

 

Bercanda dengan Rekan

Ini adalah cara paling mudah untuk dilakukan. Namun tak semua tim bisa melakukan ini ketika sedang berkumpul. Demi mencairkan suasana yang tegang, cobalah buat bahan bercandaan agar rekan kalian bisa tertawa. Terlebih kalian bisa hanyut dalam suasana yang hangat ini.

Dengan metode ini, kalian bisa lebih rileks lagi saat menghadapi pertandingan meski lawan lebih tangguh. Selain itu, cara ini sangat efektif untuk membangun chemistry antar pemain. Sehingga meminimalisir terjadinya salah paham antar pemain.

 

Meditasi

Meditasi ini adalah proses untuk menjernihkan pikiran dan berfokus pada hal yang akan datang. Penelitian pun menyebut bahwa meditasi ini bisa meningkatkan performa pemain. Dalam hal ini, pemain yang melakukan meditasi bisa mengurangi stress, ketakutan, minder dan bisa meningkatkan kepercayaan diri.

Cari tempat yang nyaman dan sepi lalu duduklah disana. Pejamkan mata kalian. Bernafaslah secara normal. Fokuskan perhatian kalian pada tiap hembusan nafas. Baik itu saat kalian menarik atau menghembuskan nafas. Lakukan ini selama 5-10 menit.

 

Visualisasi

Kalau ini cara kalian berinteraksi dengan diri sendiri. Atau bisa disebut self briefing. Sebab dengan cara ini, kalian bisa membuat otak dan tubuh bisa singkron saat dalam pertandingan. Disini kalian bisa memberikan stimulus ke otak tentang apa saja yang bakal kalian lakukan selama pertandingan nanti.

Jangan sedih jika visualisasi kalian agak sedikit tak jelas. Hal ini adalah sebuah proses yang bisa di latih kok. Jadi sesering mungkin lakukan visualisasi sebelum pertandingan agar bisa menemukan performa terbaik.

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY