ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Tiap pemain basket pasti bisa melakukan shooting. Namun permasalahannya, seberapa besar presentase tembakan yang berbuah poin. Sebab dalam fase genting, keberanian shooting dari tiap pemain sangat dibutuhkan. Agar bisa menambah pundi-pundi poin sebuah tim.

Nyatanya tak semua pemain bisa memanfaatkan shooting itu menjadi poin. Keraguan adalah sebab utamanya. Oleh karena itu, tim DBL.id memberikan beberapa tips untuk bisa menaikan efisiensi tembakan kalian.

Pola Pikir

Ini adalah salah satu hal yang sering diabaikan oleh beberapa pemain basket. Sebelum menerima bola passing dari rekan. Seharusnya kalian sudah memikirkan bahwa jika hendak melakukan shooting, maka akan berbuah poin.

Untuk menjadi shooter yang handal, kalian wajib punya keyakinan jika akan menghasilkan poin. Tak usah menyesali tembakan sebelumnya yang gagal. Upayakan bangun optimisme pada kesempatan tembakan selanjutnya.

Jaga Pandangan Menuju Target

Ketika kalian sudah menerima passing, langsung pusatkan pandangan kalian menuju target. Yakni ring basket. Beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh seorang pemain adalah melihat bagian luar ring. Sehingga tembakan mereka cenderung tak menemui target.

Tempatkan pandangan kalian menuju bagian dalam ring. Jika pandangan kalian tertuju pada bagian dalam ring. Maka kemungkinan besar akan menemui target dan berbuah menjadi poin.

Kuda-kuda Saat Menembak

Salah satu kunci keberhasilan melakukan shooting adalah buat kuda-kuda senyaman mungkin. Dengan kalian sudah menemukan posisi ideal untuk melakukan shooting. Maka hasilnya tentu akan maksimal. Sebagai catatan, jika kalian membuat posisi tubuh bagain atas sedikit menyamping dari ring, maka hasil tembakan kalian menjadi lurus.

Posisi Tangan

Dalam hal ini tak ada ketentuan pasti harus meletakan posisi kedua tangan pada bagian bola. Namun ada satu hal yang wajib kalian ketahui. Letakan bola diatas ujung jari dan bentangkan. Berilah sedikit jarak antara telapak tangan dan bola. Sehingga bola akan memiliki rotasi yang sempurna saat di lepaskan.

Gerakan Tangan Usai Melepaskan Tembakan

Saat kalian melepaskan bola, tangan yang bertugas untuk menjaga bola harus tersingkir terlebih dahulu agar tak mengubah arah. Sebaliknya, tangan yang bertugas memberikan dorogan pada bola harus rileks dan ayunkan mengikuti alur tembakan.

Selain itu, posisikan siku berada sejajar dengan alis untuk memastikan lengkungan pada tembakan kalian. Dan yang terakhir, lemaskan jari-jari kalian usai melepaskan bola dengan langsung menunjuk ke bawah ring.

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY