ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Muhammad Zakky, pemain SMPN 12 Surabaya saat melakukan layup. (Foto: Ivan Dwi/DBL Indonesia).

Layup adalah salah satu upaya yang dilakukan seorang pemain untuk menambah poin timnya. Aksi keren seorang pemain sangat sering terjadi di Junior DBL Indonesia. Bahkan beberapa diantaranya berhasil menempati posisi top score. Seperti Andang Ramadhan, Cliff Louis dan masih banyak lagi. Salah satu cara yang bisa kalian pelajari adalah teknik mengenai layup.

DBL Play Tricky Trick pernah membahas bagaimana sih cara layup yang benar dan bisa efektif. Beberapa hal ini bisa kalian praktekkan langsung agar punya keahlian seperti bintang Junior DBL diatas. Penasaran? Yuk simak.

 

 

Teknik ini punya kelebihan untuk menipu pemain lawan saat hendak menghalau layup kalian. Jadi lewat pergantian arah saat melakukan shooting, kalian bisa dengan mudah mencetak poin. Caranya cukup angkat bola keatas seperti melakukan layup pada umumnya. Lalu turunkan tangan kalian. Dan putar kearah sebaliknya.

Beberapa metode latihan teknik ini bisa lakukan dengan berdiri dibawah ring. Pegang bola dengan dua tangan. Mendongak keatas melihat arah kotak pantul atas ring. Lalu lempar bola keatas hingga masuk kedalam ring. 10x tangan kanan dan kiri. Usahakan bola mengenai bagian kotak itu agar kemungkinan bola masuk ke ring lebih besar. Ketika sudah menguasai tahap itu, tambahkan gerakan lompat. Usahakan badan kalian harus balance saat melakukan reverse layup.

 

 

Layup adalah upaya tembakan tiga langkah. Caranya cukup mudah. Pertama lakukan dribble ke arah ring. Ketika sudah mendekati ring, lakukan tiga langkah saja. Step awal, melangkah maju menggunakan kaki kiri atau kanan.

Setelah itu melangkah lagi kedepan menggunakan sisi kaki lainnya. Cara berikutnya adalah setelah melakukan langkah maju yang kedua, gunakan kaki yang sama sebagai pijakan untuk melompat. Terakhir, angkat bola dan masukkan kedalam ring.

Satu hal yang perlu kalian ketahui. Jangan lakukan step dari luar garis 3 point. Sebab jika kalian melakukan itu, beberapa hal akan terjadi. Seperti resiko cidera yang tinggi dan layup kalian akan mudah di block lawan.

 

 

Teknik layup ini nggak harus kalian lakukan sih. Tapi ketika kalian udah pro dengan yang namanya layup, bolehlah coba trik ini agar aksi kalian makin cakep. 

Jadi, yang pertama kalian harus lakukan adalah dribble bola masuk ke area pertahanan lawan. Kedua, lakukan lompatan. Coba agak lama berada di udara. Dan, masukan bola ke dalam ring dengan under hand.

Tapi, ada tips nig agar Jelly Lay-Up kalian akurat. Pertama tentu kuasai fundamental soal lay up. Berikutnya, pahami angle-angle mana yang pas untuk memasukan bola.

 

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY