ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Seorang pemain basket harus punya teknik yang tinggi. Sebab, ketika mereka punya kelebihan dari pemain lain maka itu adalah nilai plus dalam bermain basket. Salah satunya adalah crossover. Yap, ini adalah salah satu teknik yang wajib dimiliki pemain basket.

Dengan kemampuan dalam crossover, seorang pemain basket bisa melewati sang lawan dengan mudah. Tentunya ini adalah bagian dari proses kalian saat mencetak poin. Jadi crossover ini bukan buat gaya-gayaan loh.

Kali ini Jesslyn Angelique, anggota tim Honda DBL Indonesia All-Star 2019 dan Athini Mardlatika, coach Honda DBL Indonesia All-Star 2019, memberikan tips bagaimana cara melakukan crossover yang benar.

"Jadi crossover itu adalah teknik dribble yang digunakan untuk mengubah arah offense dan menipu lawan," ujar coach Tika.

Beberapa tips crossover ini bisa kalian lakukan di rumah loh. Pertama, usahakan badan kalian harus tetap stay low. Kedua lakukan dribble menggunakan finger roll. Lakukan dribble dengan kedua tangan secara bergantian.

Ketika udah puas dengan latihan basic itu. Kalian juga bisa menambahkan variasi gerakan. Salah satunya between the leg. Caranya simple, posisikan kaki kiri didepan. Lalu lakukan dribble lewat sela-sela kaki.

Coach Tika dan Angelique juga memberikan 3 hal penting yang harus diperhatikan saat melakukan crossover. Pertama kalian harus punya timing yang tepat. Kedua, harus stay low, gerak cepat dan melindungi bolanya. Terakhir kalian juga harus bisa make a space.

"Biasanya pemain sering melakukan crossover saat jarak dengan musuh rapat. Itu hal yang salah. Seharusnya kalian beri jarak agar bisa melakukan crossover. Jadi harus punya timing yang tepat melihat posisi lawan dan hendak melakukan crossover," lanjut coach Tika. Biar lebih mudah memahami, yuk simak video Tricky Trick terbaru di bawah ini:


  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY