ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Foto: Mei Linda for DBL Indonesia

Rivaldo Tandra, skuad timnas Indonesia dalam Cabor Basket 3x3 membeberkan tips buat kalian yang akan bermain di Mainbasket Bareng KFC. Pemain Honda DBL Indonesia All-Star 2012 dan 2013 ini punya beberapa hal yang wajib kamu perhatikan buat main 3x3. Yuk disimak!

 

Harus Punya Kemampuan Shooting yang Bagus

 

Menurut Rivaldo, tembakan threepoints sangat penting dalam bermain 3x3. Hal ini dikarenakan jenis offense yang seperti ini sangat ampuh untuk memecah kebuntuan. Terlebih, ketika defense lawan sangat ketat sehingga kita kesusahan masuk ke daerah bertahan.

“3on3 dan 5on5 itu sangat berbeda. Tembakan threepoints itu sangat wajib menurutku,” ujarnya.

 

Kurangin Isolation, Perbanyak Pass and Cut

Isolation menjadi salah satu teknik yang bisa jadi senjata andalan dalam 3x3. Namun, menurut Rivaldo teknik ini akan kurang optimal. Hal ini dikarenakan akan banyak menguras tenaga. Ia pun menyarankan untuk melakukan Pass and Cut dan melakukan screen yang baik.

“Yang harus diperhatikan sih strategi dalam bermain. Kalau kita perhatikan juara 3x3 dunia kebanyakan dari eropa karena gaya permainan mereka yang kompak dan juga pergerakan bola yang cepat. Ini bisa kalian coba sih,” tambahnya.

 

Punya Fisik yang Tangguh

Fisik juga menjadi hal yang wajib dimiliki para pemain. Bukan sekedar stamina tapi juga body balance dan juga body charge. Pasalnya, 3x3 punya intensitas fisik yang lebih besar. Terlebih, cara mendapatkan fouling jauh lebih susah.

“Kalau fisik kurang bagus, yang ada kita akan sering kalah ketika ada body contact dan akhirnya, lawan jadi bisa cetak banyak poin,” ujar pemain yang sangat suka kopi ini.

 

Jangan Biarkan Lawan Menembak

Pola defense yang one on one yang ampuh menurut Rivaldo di 3x3 adalah menjaga lawan agar tidak melakukan threepoint. Caranya, bisa dengan menjaga ketat dan tidak memberikan space dalam menjaga lawan.

“Selain itu, switch defense juga boleh kok. Asal, masih memungkinkan dan tidak memberikan ruang untuk lawan menembak,” tutupnya.

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY