ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Dalam jurnal “Research on Core Strength Training Practice in Basketball Sports” oleh Guangzhou Vocational Institute of Sport, China Core adalah bagian tubuh yang krusial dalam basket. Dengan melakukan core strength training, para pemain basket akan mendapatkan peningkatan pada kesimbangan hingga shooting.

Nah, core strength sendirin juga sangat penting dalam basket 3x3. Bahkan, dalam buku physical preparation of professional 3x3 athletes yang diterbitkan oleh FIBA 3x3 setiap harinya, para atlet wajib melakukan latihan yan berfokus ke core agar semakin tangguh.

Nah, buat kamu yang pengin tahu apa aja jenis latihan Core, yuk cobain beberapa metode ini!

 

Supine Toe Taps

Salah satu metode paling mudah untuk meningkatkan kemampuan coremu dengan melakukan Supine Toe Taps. Caranya, tekuk lututmu hingga membentuk sudut 90 derajat dengan posisi tidur terlentang. Lalu angkat kakimu dengan tetap mempertahankan sudut tersebut secara bergantian. Lakukan teknik ini sebanyak 10 kali di setiap kakinya.

 

Marching Hip Bridge

Teknik latihan ini hampir sama dengan supine toe taps. Caranya, mulailah dengan kuda-kuda awal dengan terlentang dengan membentuk lutut dengan sudut 90 derajat. Lalu angkat pinggulmu hingga sejajar dengan paha. Lalu angkat kaki dengan tetap mempertahankan sudut. Lakukan berhantian tanpa menurunkan pinggulmu sebanyak 10 kali di setiap kakinya.

 

Plank

Plank merupakan latihan yang terlihat mudah namun sangat berat. nggak hanya core, bagian perut juga ikut teralatih dengan metode ini loh. Caranya, lakukan kuda kuda push up dengan posisi sikut yang membentuk 90 derajat. Tahan tubuhmu selama 30 detik. Lakukan ini sebanyak tiga kali dalam setu kali latihan ya.

 

Side Plank With Torso Rotation

Teknik latihan ini merupakan turunan dari plank. Caranya, lakukan kuda-kuda plank. Lalu hadapkan badanmu ke arah kanan dengan posisi kaki kiri diatas kaki kanan. Lalu, angkat tangan kananmu dari kuda kuda plank menuju ke atas setinggi mungkin. Lakukan teknik ini bergantian selama 10-12 kali  di tiap sisinya.

 

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY