ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

MAINMAIN

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Pertandingan atau permainan basket rasanya memang tak lengkap jika tak membahas tentang bolanya. Kamu sudah tau belum kalau bola basket memiliki ukuran tertentu dilihat dari kelompok umur dan kualitas para pemain dalam asosiasinya.

Diameter dan berat bola merupakan hal yang menjadi pembeda pada setiap ukuran bola basket. Hal ini memudahkan para pemain untuk menyesuaikan energi yang diperlukan untuk mengontrol bola saat bermain.

Dalam peraturan ukuran bola FIBA, NBA, NCAA, dan asosiasi basket lain memiliki ketentuan yang berbeda. Hal tersebut bisa terjadi karena asosiasi tersebut berdomisi di kancah yang berbeda-beda, sehingga memiliki kualitas manusia yang juga berbeda.

Aturan FIBA yang biasa dipakai di Indonesia menetapkan bahwa ukuran bola basket harus memiliki berat 576 gram. Sedangkan keliling bola adalah sekitar 74, 9 cm

Di NBA ukuran bola basket pastinya lebih berat karena para pemain disana merupakan para profesional. Aturan di NBA menetapkan bahwa bola basket harus memiliki berat 650 gram dan keliling 76 cm.

Sementara menurut kelompok umurnya, bola dengan size 5 diperuntukan untuk pemain berusia 9 tahun kebawah.

Bola dengan ukuran 6 digunakan untuk pemain putra berusia 9-12 tahun sementara putri usia 9 tahun ke atas.

Ukuran bola 7 digunakan untuk pemain putra berusia 13 tahun ke atas. Ada pula bola dengan ukuran 10 yang digunakan pada pertandingan tertentu.

 

  RELATED ARTICLES
Comments (0)