ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Olahraga basket tak hanya dihiasi oleh munculnya rekor-rekor fantastis dalam segi statistik saja. Salah satunya adalah tentang lamanya karir seorang pemain basket. Sebagai kiblat olahraga basket dunia, NBA punya lima pemain yang sudah bermain selama 20 tahun. Siapa saja mereka?

 

Vince Carter 

Keputusannya untuk kembali bermain pada 2019-2020 ini, membuatnya sudah bermain selama 21 tahun di NBA. Tak cukup sampai disitu, ia juga mencetak sebuah rekor yang unik di NBA. Carter menjadi pebasket NBA pertama yang bermain di empat dekade berbeda.

Forward Atlanta Hawks itu memulai debutnya pada 1990-an, lebih tepatnya 1999. Setelah itu, Carter tetap bermain di tiga dekade selanjutnya, 2000, 2010, hingga 2020.

Tercatat, Carter telah membela delapan tim berbeda. Dimulai dari Toronto Raptors, Brooklyn Nets, Orlando Magic, Phoenix Suns, Dallas Mavericks, Memphis Grizzlies, Sacramento Kings, hingga kini bersama Hawks.

Carter turut meraih berbagai prestasi pribadi. Di anataranya delapan kali masuk NBA All Star, NBA Rookie Of The Year 1999, hingga menjadi pemenang Slam Dunk Contest pada 2000 silam.

 

Dirk Nowitzki

Nowitzki memutuskan pensiun pada 2018-2019 setelah berkarier selama 21 musim. Ia setia kepada Dallas Mavericks sampai akhir kariernya di NBA. Ia memegang rekor pemain satu tim dengan karier terlama di NBA. 

Nowitzki memulai kariernya pada 1998. Saat itu ia datang dari kompetisi Eropa sehingga banyak menginspirasi pemain-pemain dari benua yang sama untuk bermain di NBA.  Selama 21 musim, Nowitzki telah menorehkan berbagai prestasi.

Ia menjadi pemain Eropa tersukses yang pernah ada. Nowitzki menyabet 1 gelar juara NBA, 1 gelar pemain terbaik final, 1 gelar pemain terbaik NBA, juga gelar lainnya yang tidak kalah mentereng. Salah satunya adalah menjadi pencetak poin terbanyak keenam dalam sejarah NBA. Hanya Abdul-Jabbar dan Kobe Bryant yang mampu mengunggulinya.

 

Kevin Garnett

Kevin Garnett juga bermain selama 21 musim di NBA dan membela tiga tim yang berbeda. Garnett memulai karirnya bersama Minnesota Timberwolves pada 1995. Ia kemudian pindah ke Boston Celtics pada 2007.

Ketika membela Celtics, Garnett berhasil menyabet gelar juara NBA pertama kalinya. Gelar itu sekaligus menjadi yang terakhir sebab ia tidak pernah meraih juara di musim-musim berikutnya. Bahkan karirnya mulai turun ketika ia pindah ke Brooklyn Nets.

Garnett hanya bertahan selama tiga musim di Brooklyn. Ia kemudian kembali ke Minnesota untuk membela klub pertama. Garnett menghabiskan waktu di sana sampai pensiunnya pada 2016. 

 

Kobe Bryant

Pemain kelahiran Philadelphia, Amerika Serikat, 23 Agustus 1978 ini pertama kali bermain pada 1996. Kobe Bryant bermain bersama Los Angeles Lakers sepanjang kariernya di NBA. Ia bermain di sana selama 20 musim.

Selama 20 musim bersama Lakers, Bryant menjelma seorang legenda. Namanya sering kali bersanding dengan dua pemain terbaik sepanjang masa, Michael Jordan dan LeBron James.

Bryant merengkuh 5 gelar juara NBA, 2 gelar pemain terbaik final, 1 gelar pemain terbaik NBA, dan sederet prestasi lainnya. Lakers bahkan mengistirahatkan dua nomor punggung yang pernah ia kenakan. Jersey nomor 8 dan 24 tergantung di langit-langit Staples Center sebagai penghormatan.

 

Karrem Abdul-Jabbar

Kareem Abdul-Jabbar adalah salah satu legenda NBA yang dihomarti. Ia membela dua klub (Milwaukee Bucks 1969-1975) dan Los Angeles Lakers (1975-1989) selama 20 musim di NBA.

Ia menyabet 6 gelar juara NBA, 2 gelar pemain terbaik final, 6 gelar pemain terbaik NBA, dan segudang gelar lainnya. Lakers bahkan membuatkannya patung dengan ciri khas tembakan kailnya. Patung itu kemudian dipajang di depan Staples Center.

Sebagai penghormatan lainnya, jersey Abdul-Jabbar juga diistirahatkan. Bucks dan Lakers menggantung nomor 33 di langit-langit arena masing-masing. University of California, Los Angeles (UCLA) juga mengistirahat nomor yang sama.  

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY