ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

MAINMAIN

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Kompetisi basket 3x3 semakin naik daun beberapa tahun terakhir. Apalagi, buat para partisipan FIBA World Cup 3x3, pemain diwajibkan memiliki akun dan memiliki jam terbang kompetisi 3x3 yang terdaftar di FIBA 3x3.

Meski begitu, bukan berarti rules basket 3x3 dan 5v5 itu sama loh. Buat kamu yang belum tahu, ini dia perbedaan aturan dari dua jenis permainan basket tersebut.

 

Jumlah Pemain

Dari segi pemain, 5v5 memiliki kewajiban mendaftarkan minimal lima pemain dan maksimal 12 pemain dalam scoresheet. Sedangkan untuk 3x3, pemain yang terdaftar dalam scoresheet minimal ada tiga pemain dan maksimal empat pemain.

 

Hanya Setengah Lapangan

Dalam permainan 5v5, lapangan yang digunakan adalah full court dengan ukuran 28x15 meter serta memiliki dua ring basket. Sedangkan dalam 3x3, memiliki ukuran 15x11 meter dengan menggunakan satu ring.

 

Waktu Bermain Lebih Pendek

Dari segi waktu permainan, 3x3 hanya memerlukan satu babak dengan waktu 10 menit dalam setiap laganya. Hal ini sangat berbeda dengan basket 5v5 yang terbagi menjadi empat babak dengan waktu 10 menit setiap periodnya.

 

Sistem Poin yang Berbeda

5v5 memiliki sistem dua dan tiga poin. Dua poin untuk tembakan dari dalam dua poin dan tiga poin untuk tembakan di luar garis threepoint. Sedangkan unutuk 3x3, sistem poinnya adalah dua dan satu. Dua poin untuk tembakan di luar garis threepoint dan satu poin dari dalam area two point.

Lalu, untuk 3x3 ada batas poin untuk menang. Tim manapun yang berhasil menyentuh angka 21 poin sebelum menit laga berakhir maka bisa dinyatakan sebagai pemenang. Sedangkan dalam 5v5 tidak ada Batasan poin.

 

Shotclock Hanya 12 detik

Aturan shotclock dari 3x3 juga berbeda antara 3x3 dan 5v5. Untuk 5v5 shot-clocknya adalah 24 detik dan ketika berhasil melakukan offensive rebound, merek apunya waktu 14 detik untuk menyelesaikan serangan. Sedangkan 3x3, shotclocknya adalah 12 detik. Baik setelah berhasil melakukan offensive rebound maupun ketika berhasil mencetak poin.

 

Ukuran Bola Lebih kecil

Bola yang digunakan di kompetisi 3x3 juga berbeda loh. Dalam aturan FIBA, bola yang digunakan wajib berukuran 6 dengan berat 7. Selengkapnya bisa kamu baca: Ini Perbedaan Bola Basket 3x3 dengan 5on5

  RELATED ARTICLES
Comments (0)