ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Ingin bermain basket tapi bingung harus memulai dari mana? Nggak usah khawatir. Asisten pelatih Honda DBL Indonesia All-Star, Athini Mardlatika bakal kasih kamu jawabannya. pelatih berusia 25 tahun ini punya beberapa tips latihan buat kamu yang ingin bisa makin jago bermain basket.

Latihan Fundamental adalah Kunci

Menurut coach Tika, latihan fundamental adalah hal yang wajib difokuskan buat kamu yang baru memulai berlatih basket. Mulai dari dribble, passing, dan shooting. Tiga hal ini harus banget dipelajari sama pemula.

“Kalau aku, biasanya melatih dribble dulu, baru passing, dan shooting atau finishing. Yang penting adalah paham gerakan dan dasarnya. Bukan hanya sekadar bisa,” ujarnya.

Jangan Terlalu Fokus ke Permainan

Satu hal yang biasanya pengen segera dilakukan oleh para pemain basket pemula adalah segera bermain. Bukan berfokus ke fundamental. Ini sangat tidak dianjurkan oleh coach Tika. Menurutnya, hal ini justru membuat pemain makin tidak fokus.

“Bahkan, dari pemanasan aja kadang asal-asalan. Hal ini yang harus banget dihindari. Lakukan step by step dan secara berkala,” tambah coach Tika.

Tidak Ada yang Namanya Instan

Kalau lapar, kamu bisa 'memadamkannya' dengan mie instan biar kenyang dengan cepat. Tapi kalau di basket, kata instan tidak akan pernah ada di dalam kamus coach Tika. Salah satu cara paling ampuh untuk mengurangi rasa bosan adalah dengan variasi latihan.

Nah, biar nggak jenuh dan efisien di waktu, (menu latihan) bisa digabung-gabungkan. Misal dribble gabung passing. Atau dribble gabung shooting, lay up,” tutupnya.(*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY