ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Lebron James Defense Hedge Down (Source: NBA.com)

Kemampuan defense menjadi salah satu aspek paling penting dalam permainan basket. Sejumlah pelatih meyakini bahwa permainan sebuah tim bisa dikatakan baik jika memperagakan defense yang sempurna.

Kita mungkin sudah banyak mengetahui banyak cara untuk melakukan defense. Kali ini kita akan belajar salah satu variasi yang bisa digunakan saat kamu melakukan defense. Nama gerakan ini adalah hedge down. Gerakan ini biasa diperankan oleh pemain berposisi guard.

Hedge down digunakan ketika guard ingin membantu penjagaan saat bola diberikan kepada bigman lawan. Gerakan ini bertujuan agar bigman lawan kesulitan untuk mencetak angka.

Untuk melakukannya kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Lakukan Pressure

Pertama-tama, seorang guard pasti akan menjaga pemain lawan dengan posisi serupa. Untuk itu, lakukan preasure ketat kepada lawan yang sedang memegang bola. Apalagi jika lawan kita adalah seorang shooting guard.

Buatlah dia merasa tidak nyaman, dan tidak memungkinkan untuk melakukan shooting. Sehingga lawan tersebut harus memberikan passing kepada para bigman yang menunggu di bawah ring.

Berdiri dengan Open Stand

Saat bola sudah di-passing-kan ke bigman lawan dibawah ring, artinya strategimu berjalan baik. Sesegera mungkin kamu harus mengubah posisi menjadi open stand. Kemudian bergerak menyerong menuju bigman lawan untuk membantu penjagaan.

Tujuan dilakukan open stand adalah agar kamu bisa menjaga bigman lawan yang sedang memegang bola. Dan sambil memperhatikan guard lawan yang posisinya ditinggalkan. Kamu bisa melihat gerakan lawan dengan ekor mata.

Sprint dan Close Out

Bigman yang mendapat penjagaan double team pasti merasa kesulitan untuk mencetak angka. Maka dari itu, ia akan memberikan bola kembali kepada pemain guard yang berada di luar garis pertahanan.

Pada saat itu kamu bisa melakukan sprint untuk kembali memberikan penjagaan kepada guard lawan. Usahakan berikan penjagaan yang dekat, dan ketat. Sehingga ia kesusahan untuk mendapatkan opsi passing

Jika beruntung, kamu bisa melakukan intersep saat bola kembali diberikan kepada guard lawan. Jika kamu berhasil melakukan intersep, potensi serangan fast break pun terbuka lebar.

Untuk penjelasan yang lebih detail, kamu bisa tonton video tricky tricks di bawah ini.(*)

 

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY