ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Source: NBA.com

Pick and roll adalah salah satu teknik dasar dalam melakukan offense. Banyak tim yang memakai teknik ini dalam sebuah pertandingan. Jika sudah berhasil mempelajari pick and roll, kini saatnya kamu mempelajari bagaimana cara mengatasi teknik ini jika lawan menggunakannya saat pertandingan.

Cara paling ampuh adalah dengan melakukan hard show. Ini merupakan salah satu teknik defense. Kamu bisa berlatih hard show bersama rekan satu tim dengan memperhatikan tips berikut ini:

Berikan Full Pressure

Saat kamu menjadi pemain yang harus bertahan, berikan penjagaan yang ketat dan dekat kepada lawan. Hal ini akan membuat lawan kesulitan melakukan dribble, dan meminta rekannya untuk melakukan screen.

Komunikasi Saat Defense

Saat screen lawan datang untuk membantu rekannya, di sini lah komunikasi antar pemain bertahan diperlukan. Tujuannya untuk memberi tahu dari mana screen akan datang. Setelah screen datang, ubah posisi defense mu, dan arahkan lawan yang kamu jaga untuk menghampiri screen.

Jebak Pergerakan Lawan (Trap)

Saat pemain lawan pemegang bola sudah mengarah ke tempat screen, adalah tugas defender kedua untuk menahan screen, dan mempersempit ruang geraknya.

Setelah itu, baru lah hard show bisa diperagakan dengan menutup pergerakan lawan yang sedang mencoba melakukan drive. Defender kedua yang melakukan penjagaan pada screen, akan bergeser untuk membantu defender pertama untuk meredam pergerakan lawan.(*)

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa tonton video tricky tricks episode 'Hard Show' di bawah ini.

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY