ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Tony Kukoc (Source: Bleacher Report)

Populasi pebasket kidal memang tak banyak. Faktanya pebasket, atau atlet kidal memiliki kelebihan soal IQ. Mereka juga disebut lebih kreatif dalam permainan.

“Orang-orang kidal mempunyai kelebihan dalam keterampilan," kata Mark Panaggio, penulis di Britain's Journal of the Royal Society Interface.

Orang kidal menghabiskan sebagian besar waktunya bersaing melawan orang yang menggunakan tangan kanan. Sebaliknya, orang yang dominan menggunakan tangan kanan mempunyai pengalaman yang sangat sedikit menghadapi orang kidal.

Florian Loffing, ilmuwan olahraga dari Universitas Oldenburg di Jerman menamini pernyataan itu. Menurutnya, orang kidal memiliki beberapa keuntungan dalam beberapa cabang olahraga. “Orang kidal memiliki IQ tinggi. Itu akan berpengaruh pada reflek gerakan yang dikeluarkan,” katanya.

Hal itu juga terbukti dalam olahraga basket. Beberapa pemain kidal sukses menjadi yang terbak, bahkan legenda basket NBA. Berikut beberapa di antaranya:

Bill Russell

Bill Russell memperkuat Boston Celtics dari 1956 sampai 1969. Ia telah memberikan sebelas gelar NBA untuk timnya. Ia lima kali dinobatkan sebagai MVP. Sebagai center, selain sering menyumbangkan poin, Bill Russell meraih empat gelar NBA rebounding champion.

Adrian Dantley

Selama 15 tahun kariernya di NBA, Dantley dua kali dinobatkan sebagai pencetak poin terbanyak pada musim 1981 dan 1984. Selain itu, Dantley juga enam kali terpilih sebagai pemain NBA All-Star pada 1980 hingga 1986.

Tony Kukoc

Fans Chicago Bulls pasti sudah tahu siapa pemain ini. Si kidal Kukoc mempunyai akurasi tembakan yang cukup baik. Selama berkarier di NBA, Toni Kukoc sudah menyumbangkan tiga gelar NBA bersama Chicago Bulls. Pemain berdarah Kroasia ini juga masuk 50 pebasket terbaik di Eropa.

Manu Ginobili

Selama membela San Antonio Spurs, Manu Ginobili telah menyumbangkan empat gelar NBA pada musim 2003, 2005, 2007, dan 2014. Ia juga mengantarkan tim nasional basket Argentina meraih medali emas Olimpiade Athena 2004. Mereka menumbangkan Italia di laga final.

James Harden

Ia adalah andalan, dan bintang utama Houston Rockets saat ini. Pemain ini terkenal dengan gerakan step back, dan tembakan tiga angka dengan tangan kiri yang akurat.

Meskipun belum pernah merasakan gelar juara NBA, Harden delapan kali terpilih dalam tim All-Stars. Ia juga berkontribusi membawa tim basket Amerika Serikat di Olimpiade 2012 di London, Inggris. Serta Piala Dunia Basket 2014 di Spanyol.(*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY